Di China, Anak yang Menyia-nyiakan Orangtua Akan Dituntut

by
January 15th, 2013 at 10:45 am

CiriCara.com – Umumnya, perihal harus menghormati orangtua dan mengunjunginya setiap waktu sudah menjadi norma moral yang wajib ditanamkan pada setiap benak anak-anak sedini mungkin.

Namun, kini, China membuat hukum baru yang menentang anak-anak menyia-nyiakan orangtuanya, bahkan berlaku tidak manusiawi terhadap ayah atau ibunya.

Mengingat banyak orangtua yang mengalami nasib malang saat memasuki usia 60 tahun ke atas, lembaga legislatif China memutuskan membuat peraturan yang mengatur perilaku anak terhadap orangtuanya.

Weirdnewsasia.com melaporkan bahwa dalam peraturan hukum itu, setiap anak-anak yang sudah beranjak dewasa, apalagi yang sudah tinggal terpisah dari orangtuanya; diharuskan untuk mengunjungi orangtuanya dan menunjukkan rasa kasih sayang terhadap orangtuanya, meski tidak disebutkan berapa kali dalam sehari, mereka harus mengunjungi orangtuanya itu.

Pasalnya, di China, populasi orang-orang lanjut usia (lansia) meningkat pesat. Hal ini mengarah pada perlakuan yang tidak sesuai dengan peri-kemanusiaan.

Ap.org pernah melaporkan bahwa di Jiangsu, ada seorang ibu tua yang berusia 100 tahun, dipaksa anaknya untuk tinggal di kandang babi selama 2 tahun, padahal Jiangsu merupakan salah satu kawasan elit di China.

Menurut analisis dari seorang direktur grup advokasi, Against Elderly Abuse mengatakan kepada Scmp.com bahwa budaya warga China yang enggan untuk mengungkapkan keburukan dalam keluarganya itulah, yang menjadi penyebab semakin buruknya perlakuan tidak sopan terhadap orangtua yang sudah tidak berdaya.

Sehingga, pembuatan hukum yang mengatur perilaku anak kepada orangtuanya ini, dirasa sangat tepat demi mementingkan nasib para lansia di China, yang tersiksa oleh darah daging mereka sendiri.

Sebenarnya, kasus penganiayaan orangtua oleh anaknya sendiri banyak pula terjadi di negara-negara lain. Sering kita dengar, banyak kasus kekejaman anak terhadap orangtuanya.

Namun, kesadaran hukum China untuk menghentikan kebrutalan itu, patut pula ditiru oleh negara-negara tetangga lainnya demi kesejahteraan para orangtua dan lansia yang ada.

Jadi, di China, jika ada anak yang tidak menghormati orangtua/lansia, menyia-nyiakannya dan memperlakukannya semena-mena, maka anak itu akan dituntut hukum ini.

(yk)

Weird News Asia

Comment di sini