Video: Samsung Unjuk Kebolehan Ponsel Layar Anti Patah

by
January 15th, 2013 at 11:16 am

 Las Vegas (CiriCara.com) – Samsung memperkenalkan teknologi ponsel dengan layar fleksibel saat pameran Consumer Electronic Show atau CES 2013 di Las Vegas, Amerika Serikat , pada Selasa, 8 Januari 2013.

Youm, begitulah sebutan layar fleksibel tersebut. Memang sudah sejak lama Samsung digosipkan akan mengembangkan layar yang tidak dapat patah, dan gosip itu akhirnya menjadi kenyataan.

Mengapa dikatakan layar yang fleksibel? Karena layar tersebut tidak patah ketika ditekuk, dilipat, bahkan digulung seperti kertas ataupun plastik. Begitulah klaim yang diungkapkan oleh perusahaan asal Korea Selatan tersebut.

Desain Youm sangat tipis. Pembuatan Youm menggunakan teknologi OLED (Organic Light Emitting Dioda). Kualitas yang dimiliki layar OLED tersebut ternyata lebih bagus dari teknologi layar generasi sebelumnya. Ditambah lagi bobotnya lebih ringan serta lebih hemat listrik.

Layar tersebut menggunakan bahan-bahan kimia di atas plastik tipis dan bukan layar gelas dengan kristal cair pada layar-layar generasi sebelumnya yang diproduksi oleh Samsung.

Brian Berkeley yang merupakan kepala laboratorium Samsung Electronics Co sekaligus wakil presiden senior dari Samsung Display yang bertempat di San Jose, California, mendemonstrasikan bagaimana layar tersebut dapat digulung sehingga berbentuk seperti sebuah tabung ketika berlangsung CES 2013.

Tidak hanya ponsel, teknologi tersebut dapat digunakan pada kamera, alat pemutar lagu, digital, tablet, dan perangkat komputer lainnya.

Sebelumnya, Youm sudah dipamerkan pada tahun 2011 silam oleh Samsung. pada waktu itu Samsung memamerkan layar berukuran 4,5 inci yang fleksibel dan teknologi yang digunakan masih WVGA dan resolusi 800 x 480 pixel. Ketipisan Youm pada waktu itu ialah sebesar 0,3 mm.

Tidak hanya Samsung, perusahaan teknologi lainnya tidak mau kalah dan mulai turut mengembangkan layar fleksibel yang serupa. Untuk Nokia dan LG, mereka kini  juga telah mengembangkan dan menunjukkan hasil dari teknologi tersebut pada smartphone dan tablet.

Eric Rudder selaku CTO Microsoft juga memperkenalkan teknologi yang tidak berbeda jauh dan digunakan pada smartphone dengan menggunakan sistem operasi Windows Phone dan menggunakan layar fleksibel OLED.

Dengan layar yang dapat digulung seperti itu, telepon seluluer dengan layar yang besar pun dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam saku tanpa repot-repot mempertimbangkan ukurannya.

Kabarnya, Samsung akan menggunakan teknologi tersebut pada Samsung Galaxy S4 dan itu akan menjadi smartphone pertama yang menggunakan layar anti patah. Namun, saat ini Samsung masih belum dapat menginformasikan secara detail kapan produk tersebut akan resmi keluar.

Video perkenalan Youm di CES 2013:

(CT)

Comment di sini