Wow! Di Texas Akan Dibuat Perpustakaan Tanpa Buku

by
January 15th, 2013 at 4:03 pm

Texas (CiriCara.com) – Memang, perpustakaan sangat identik dengan berbagai macam buku yang dapat kita baca langsung ataupun meminjamnya. Pernah membayangkan bagaimana jadinya perpustakaan tanpa buku?

ABC News

Namun, tahun 2013 yang dihubungkan sebagai tahunnya teknologi ini membuat daerah San Antonio, Bexar, Texas, AS berencana membangun sebuah Biblio Tech, yaitu perpustakaan umum pertama yang tidak menggunakan buku seperti pada umumnya, tapi cukup dengan koleksi-koleksi e-book (electronic book).

Perpustakaan ini juga akan dilengkapi dengan area anak, di mana anak-anak dapat berinteraksi dengan sesamanya, ditambah lagi area itu akan dirancang dengan tembok dan meja yang interaktif.

Terobosan perpustakaan unik ini akan dibangun di atas tanah seluas 463,5 meter persegi. Selain itu, desain perpustakaan ini tentu akan berbeda dengan perpustakaan biasa yang umunya dipenuhi dengan rak-rak buku. Kali ini Biblio Tech akan dilengkapi dengan rak-rak komputer dan gadget lainnya.

Keunggulan lainnya dari perpustakaan ini, para pembacanya dapat mengambil sendiri buku yang mereka ingin baca dan memindahkannya ke gadget mereka masing-masing.

Pembacanya juga diperbolehkan membaca langsung dari situs buku tersebut. Tujuannya supaya pelanggan yang datang ke perpustakaan itu tidak hanya bebas membaca tapi juga belajar hal baru seputar teknologi dan gadget.

Sebagai pembukaannya, 100 pembaca elektronik akan terdaftar, kemudian akan dikembangkan lagi dengan 50 pembaca anak-anak, 50 pengguna komputer, 25 laptop, dan 25 pengguna tablet.

Nelson Wolff, hakim pengadilan wilayah Bexar mengatakan bahwa sekarang ini dunia sudah berubah, dan zaman pun semakin berkembang. Perencanaan untuk membuat perpustakaan e-book ini dianggap sebagai cara yang efektif untuk melayani minat baca warga.

Untuk saat ini, persiapan yang masih dilakukan adalah mencari distributor yang akan menyediakan akses buku-buku yang berkualitas, dan pemasok peralatan elektronik, gadget, dan semua peralatan yang dibutuhkan dalam Biblio Tech tersebut.

Kabarnya, Amazon dan Barnes & Noble memberikan penawaran untuk menyediakan alat yang akan digunakan oleh e-reader. Seperti apakah jadinya perpustakaan tanpa buku ini nantinya? (yk)

ABC News

Comment di sini