Aaron Swartz Dibunuh Oleh Pemerintah, Kata Sang Ayah

by
January 16th, 2013 at 4:06 pm

Illinois (CiriCara.com) – Kasus kematian aktivis internet, Aaron Swartz yang heboh diberitakan pada beberapa hari yang lalu masih ramai dibicarakan oleh berbagai kalangan.

NY Daily News

Kematian pria 26 tahun yang berjasa dalam mendirikan situs Reddit dan menjunjung kebebasan untuk mendapatkan informasi secara gratis melalui dunia maya ini, bukanlah bunuh diri, tetapi karena dibunuh oleh pemerintah.

Benar atau tidak? Tapi itulah yang dikatakan oleh sang ayah, Robert Swartz pada upacara pemakaman pemuda jenius ini, pada hari Selasa (15/1/13) kemarin di wilayah Highland Park, Illinois, AS.

Saat memberikan kata-kata terakhir bagi putra tercintanya ini, Robert jelas-jelas mengatakan bahwa anaknya itu diburu dan dibunuh oleh pemerintah, sedangkan M.I.T (Massachusetts Institutet of Technology) mengkhianati prinsip-prinsip dasarnya.

Sebelumnya, pihak keluarga juga sudah mengatakan bahwa penyebab kematian Swartz adalah sistem peradilan pidana yang penuh dengan intimidasi terhadap dirinya.

Memang, di saat terakhir hidupnya, Swartz memang sedang menghadapi masa hukuman puluhan tahun yang sudah menantinya.

Akan tetapi, mendengar pernyataan keras dari ayah Aaron Swartz, jaksa penuntut, Carmen Ortiz sama sekali tidak berkomentar apa-apa.

Pemuda jenius yang sangat cinta pada internet dan berulang kali menjadi pahlawan internet ini, telah banyak memberikan kontribusi penting bagi penyebaran informasi di dunia maya. Dia juga telah banyak menginspirasi orang lain untuk berinovasi.

Tentu kenangan seperti itu tidak dapat dilupakan oleh orang-orang terdekatnya seperti, keluarga, kekasih dan sahabat-sahabatnya.

Sedangkan, yang menjadi sorotan masyarakat adalah bagaimana tindakan tidak adil pemerintah dalam memperlakukan orang yang membobol sistem komputer dan membagikan data bukan untuk kepentingan dirinya sendiri, melainkan untuk menyediakan informasi yang terbuka bagi khalayak ramai.

(yk)

Huffington Post

Comment di sini