Banjir Melanda Jakarta, Ribuan Warga Diungsikan

by
January 16th, 2013 at 9:19 am

Jakarta (CiriCara.com) – Sejumlah wilayah Jakarta kembali terendam air karena hujan yang mengguyur sejak Selasa (15/1/2013) dini hari sampai malam kemarin. Ditambah dengan air bah kiriman dari Bogor membuat banjir di Jakarta semakin parah.

Menurut catatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Rabu (16/1/2013), sedikitnya ada 50 kelurahan di Jakarta yang terkena banjir. Banjir tersebut merendam sejumlah rumah milik warga.

Sekitar 6.000 jiwa lebih dilaporkan telah mengungsi dari rumah mereka yang terkena banjir. Belum diketahui secara pasti apakah ada korban jiwa atau tidak. Namun, jumlah pengungsi diperkirakan akan terus bertambah mengingat cuaca buruk masih mengintai Jakarta.

“Daerah yang terendam banjir dan jumlah pengungsi bisa terus bertambah,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, seperti dikutip dari Kompas.com, Rabu (16/1/2013).

Menurut Sutopo, banjir yang melanda Jakarta kali ini disebabkan oleh beberapa hal. Yang terparah disebabkan oleh meluapnya Sungai Ciliwung setelah menerima “kiriman” air bah dari Bendung Katulampa, Bogor, Jawa Barat. Curah hujan yang mengguyur Jakarta sejak kemarin juga mengakibatkan sejumlah sungai lainnya meluap.

Selain menggenangi rumah warga, banjir juga terjadi di sejumlah ruas jalan di Jakarta. Akibatnya kemacetan parah terjadi di sejumlah titik lokasi banjir. Banyaknya jalan yang terputus akibat terkena banjir mengakibatkan antrean kendaraan yang panjang. Disarankan untuk lebih berhati-hati saat melintasi jalan yang terkena banjir.

(YG)

Comment di sini