CiriCara: 5 Cara Supaya BB Tidak Lemot

by
January 16th, 2013 at 5:04 pm

CiriCara.com – Anda pengguna BlackBerry? BlackBerry/BB Anda sering lambat merespons perintah alias sering lemot? Jika hal tersebut sudah sering dialami, Anda harus mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu.

Umumnya, respons BB yang lambat dikarenakan ada aplikasi percakapan yang belum ditutup dengan benar, seperti BBM (BlackBerry Messenger), YM, dan lainnya; bisa juga dikarenakan memori History di Browser BB yang jarang Anda hapus.

Penyebab lainnya adalah aplikasi yang Anda jalankan terlalu banyak dalam waktu yang bersamaan. Selain itu, mungkin saja, lemotnya BB Anda dikarenakan memori aplikasinya yang rendah atau sudah di ambang batas.

Tidak perlu khawatir, dan mengumbar emosi yang berlebihan ketika BB-nya lemot. Berikut beberapa cara supaya BB tidka lemot lagi.

1. Tutup semua aplikasi

Mulailah membiasakan diri dengan menutup semua aplikasi yang sudah Anda buka, dengan benar. Untuk menutup aplikasi pada BB dengan benar, Anda harus menekan tombol “Return” (yaitu tombol bergambar panah yang berada di sebelah tombol “Power”).

Untuk melakukan pengecekkan, Anda dapat menekan sambil menahan tombol BB, sampai layar “Switch Application” muncul. Tampilan tersebut menunjukkan semua aplikasi yang masih aktif.

2. Lakukan pembersihan Cache

Cara membersihkan Cache ini ialah sebagai berikut: masuk ke bagian “Menu”, pilih “Browser”, pilih “Options”, kemudian pilih “Cache Operations”, kemudian tekan keempat tombol “Clear”. Setelah itu pembersihan Cache selesai.

3. Lakukan pembersihan memori

Untuk melakukan hal ini, Anda harus menggunakan Memory Cleaning, caranya: bukalah “Security Options”, kemudian “Memory Cleaning”, ubahlah status “disabled” menjadi “enabled”, Anda juga harus mengubah “no” menjadi “yes” pada tulisan “Show Icon on Home Screen”, setelah itu tekan tombol “Kembali”, dan “Simpan”. Setelah kembali pada menu utama, carilah ikon Memory Cleaner dan klik. Maka secara otomatis pembersihan memori telah selesai.

4. Lakukan Soft Reset

Cara untuk melakukan Soft Reset ini adalah tekan tombol “Alt”, “Caps” atau “aA” (berada di sebelah kanan dekat dengan tombol “Sym”), “del” secara bersamaan, maka BB Anda akan reset dengan sendirinya.

5. Lakukan Hard Reset

Jika soft reset yang Anda lakukan tetap tidak membantu untuk mengatasi lemotnya BB Anda, lakukanlah langkah terakhir ini, yaitu Hard Reset, caranya sangat mudah yaitu cabutlah baterai BB Anda. Dengan demikian, untuk sementara waktu tidak ada energi yang diterima BB Anda, sehingga dapat mematikan seluruh aplikasi yang mungkin masih aktif namun tidak Anda ketahui. Tunggulah beberapa saat, baru kemudian pasang lagi baterainya, dan aktifkan kembali BB Anda.

Semoga kelima langkah di atas dapat membantu Anda yang seringkali bermasalah dengan smartphone yang satu ini. (yk)

Comment di sini