CiriCara: Cara Mengaktifkan Shortcuts Browser BlackBerry

by
January 16th, 2013 at 2:03 pm

CiriCara.comBlackBerry adalah ponsel pintar yang sempat booming dan mendunia dengan berbagai seri dan jenis. Hingga kini pun, BlackBerry masih umum dipakai oleh masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu, CiriCara.com memberikan beberapa cara bagi para pengguna BB untuk mengaktifkan Shortcuts Browser.

Shortcuts Browser itu sendiri adalah semacam cara singkat bagi para pengguna BB qwerty fisik yang memudahkan penggunanya menavigasi laman situs saat menggunakan BB Browser.

Berikut adalah cara-cara untuk mengaktifkan Shortcuts Browser tersebut.

1. Bukalah BB Browser pada smartphone kamu.

2. Klik tombol “Menu”, kemudian pilih “Options”

3. Pada kotak dialog di bagian “Umum” (General), pilih “Aktifkan keyboard Shortcuts” (Enable keyboard shortcuts)

4. Setelah memilih pilihan tersebut, jangan lupa untuk mengklik tombol “Simpan” (Save) pada bagian akhir kotak dialog tersebut

Setelah mengaktifkan Shortcuts Browser itu, maka kamu akan lebih mudah saat bernavigasi dalam suatu halaman situs/website, caranya adalah sebagai berikut:

1. Tombol “Shift” dan “Space” dapat kamu pergunakan untuk menaikkan layar browser.

2. Tekan tombol spasi saja, untuk menurunkan layar.

3. Tombol huruf T, untuk bernavigasi ke bagian atas halaman situs, dan tombol huruf B untuk bernavigasi ke bagian bawah situs.

Selain itu, dengan mengaktifkan keyboard shortcuts browser itu, kamu dapat mengalami berbagai kemudahan lainnya, seperti cara cepat menulis alamat sebuah situs yang ingin kamu kunjungi. Caranya ialah sebagai berikut:

1. Untuk menghindari banyak waktu yang terbuang saat memasukkan alamat situs yang ingin dituju, kamu bisa mencoba langkah-langkah seperti: Tekan tombol “Space” untuk menyisipkan titik (.) pada alamat situs tujuan kamu.

2. Selain itu, kamu juga bisa tekan “Shift” dan “Space” secara bersamaan untuk memasukkan garis miring (/) pada alamat situs yang sedang kamu tulis.

3. Untuk keluar dari halaman browser, kamu cukup menekan sambil menahan tombol “Escape” selama beberapa saat.

Mengaktifkan Shortcuts Browser, bukan hanya memudahkanmu saat mengetik alamat situs yang kamu tuju dan bernavigasi di dalamnya, tetapi kamu juga dapat melihat-lihat halaman situs tersebut hanya dengan menekan tombol-tombol sederhana yang tersedia. Contohnya:

1. Cukup tekan I, maka laman situs yang sedang terbuka akan diperbesar. Dan untuk memperkecilnya, kamu cukup tekan huruf O.

2. Tekan huruf K untuk menampilkan semua Bookmarks kamu. Sedangkan untuk menambahkan Bookmarks kamu dengan laman situs yang sedang kamu buka itu, cukup tekan huruf A.

3. Huruf Y dapat dipergunakan untuk melihat History situs yang pernah kamu buka, ataupun laman yang baru saja kamu lihat.

4. Dengan menekan huruf W, kamu dapat berpindah dari satu tab ke tab lainnya yang menampilkan situs yang berbeda-beda

5. Jika ingin me-refresh laman situs yang sedang kamu buka, kamu tinggal menekan huruf R.

Itulah beberapa cara untuk mengaktifkan Shortcuts Browser demi mendapatkan kemudahan internet-an yang lebih efisien. (yk)

Comment di sini