CiriCara: Cara Menjaga Kerahasiaan Informasi di Facebook

by
January 16th, 2013 at 2:59 pm

CiriCara.comFacebook sudah merajai dunia jejaring sosial sejak tahun 2007. Kini, nama Facebook sudah sangat terkenal. Hampir seluruh dunia terhubung satu sama lain dengan situs jejaring sosial raksasa ini.

Mulai dari tua-muda hingga anak SD pun punya akun Facebook. Dan tidak jarang kita menemukan berbagai kisah yang berangkat dari Facebook itu sendiri, mulai dari kisah mngharukan, hingga tindak kejahatan.

Untuk menghindari akun Facebook-mu dari tangan-tangan orang jahil, maka ikutilah beberapa cara di bawah ini untuk menjaga kerahasiaan informasi pribadimu dalam akun Facebook.

Berikut adalah cara mengatur privasi dalam akun Facebook-mu:

Wiki How

1. Setelah kamu “log in” kemudian klik-lah tombol “Account” di sebelah kanan atas, pilihlah “Privacy Setting”.

Wiki How

2. Dalam pengaturan privasi tersebut, akan muncul kotak dialog. Dan kamu bisa memulai mengatur informasi yang akan kamu tampilkan di akun Facebook-mu. Mulailah pada bagian “Sharing on Facebook”.

Wiki How

3. Kemudian, masih dalam kotak dialog pengaturan yang sama, pada bagian “Custom”, beri tanda centang pada pilihan “Let Friends of people tagged in my photos and post them”. Dengan mencentang pilihan ini, maka hanya teman-teman dalam akun Facebook-mu saja yang dapat melihat post dan foto di akunmu.

Wiki How

4. Di bagian bawah pilihan yang sudah dicentang pada langkah nomor 3, terdapat “Customize Settings”. Jika kamu ingin lebih teliti lagi dalam menyaring informasi yang boleh ditampilkan dalam akunmu, pilihlah “Customize Settings” tersebut.

Wiki How

5. Pada kota dialog “Customize Settings” itu, kamu dapat mengatur siapa-siapa saja yang boleh melihat post-mu, relationship-mu, foto-foto kamu, dan sebagainya.

Wiki How

6. Selain itu, kamu juga bisa memasukkan beberapa nama yang ingin kamu block dalam kotak dialog Custom Privacy seperti di atas.

Wiki How

7. Jika sudah yakin dengan pengaturan privasi yang kamu lakukan, berikutnya kamu dapat melihatnya dengan menekan tombol “Preview My Profile”.

Tetapi, kamu tetap harus berhati-hati dalam memasukkan informasi, dan khususnya foto-foto pribadi ke Facebook, karena jejaring sosial ini telah memperketat peraturan terhadap foto yang boleh diunggah dan yang tidak. (yk)

Wiki How

Comment di sini