CiriCara: Cara Mudah Mengatasi PMS

by
January 16th, 2013 at 3:55 pm

CiriCara.com – Setiap bulan pastinya wanita akan mengalami menstruasi. Sebelum menstruasi itu, beberapa wanita seringkali merasakan PMS atau premenstrual syndrome. PMS itu bisa membuat perut wanita kembung hingga sakit kepala. Untuk itu, banyak wanita yang malas beraktivitas jika sedang mengalami PMS.

Selain merasa kembung dan sakit kepala, beberapa wanita juga jadi tak terkontrol emosinya. Rasa sakit yang tak tertahan itu, membuat mereka memutuskan untuk meminum obat. Padahal, ada cara lain yang bisa Anda lakukan jika sedang mengalami PMS. Apa saja?

Dilansir Wolipop.Detik.com, dr Vanda Mustika, konsultan seks wolipop memberikan tipsnya untuk Anda:

1. Berolahraga

Berolahraga, seperti jogging, bersepeda, berenang, senam, dan aerobik bisa mengurangi gejala PMS yang Anda rasakan. Jika Anda berolahraga, maka tubuh akan mengeluarkan hormon yang menyebabkan rasa nyaman, mengurangi nyeri, dan tubuh semakin bugar. Untuk itu, Anda disarankan berolahraga aerobik minimal 3-5 kali dalam seminggu dalam durasi 30-60 menit.

2. Jaga asupan cairan

Saat PMS, Anda disarankan untuk menjaga asupan cairan yang dikonsumsi. Cairan yang disarankan yaitu meminum air putih dan jus buah lebih sering. Jangan malah mengonsumsi minuman yang mengandung kafein, alkohol, atau soda karena bisa menambah rasa kembung dan tidak nyaman di perut.

3. Makan sedikit-sedikit tapi sering

Anda disarankan untuk menambah frekuensi makan tapi dalam jumlah yang sedikit saat PMS. Hal ini perlu dilakukan karena pengosongan lambung terjadi dalam waktu 3-4 jam. Untuk itu, Anda perlu memakan makanan ringan atau buah setiap 3 jam sekali. Selain itu, perbanyak juga mengonsumsi sayuran dan buah-buahan serta kurangi konsumsi garam dan gula.

4. Pola tidur yang benar

Anda harus menerapkan pola tidur yang benar, biasakan untuk tidak tidur larut malam. Jika pola tidur Anda benar, maka bisa meredakan PMS. Otak bisa beristirahat sehingga gejala emosional yang dirasakan, seperti mudah sedih, marah, dan tegang bisa segera mereda.

5. Obat-obatan

Jika keempat cara di atas belum juga menolong Anda, maka cara lain yaitu meminum obat. Jenis obat yang bisa Anda minum yaitu obat penghilang nyeri, anti depresi, atau anti cemas.

Itulah cara mudah mengatasi PMS. Kita tahu bahwa PMS sungguh sangat menyiksa diri sendiri. Untuk itu, Anda bisa menerapkan cara di atas jika mengalami PMS. (NR)

Comment di sini