Jokowi: Banjir Ini Tidak Separah Banjir Tahun 2007

by
January 16th, 2013 at 5:07 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi kembali turun ke lokasi banjir untuk memantau secara langsung. Jokowi yang mengunjungi lokasi pengungsian mengklaim bahwa banjir kali ini tidak separah banjir tahun 2007.

Meski banjir kali ini sudah melahap 50 kelurahan di Jakarta, Jokowi menganggap banjir kali ini tidak terlalu parah. Pasalnya, banjir tahun 2007 di Jakarta terjadi lebih besar dari banjir saat ini. “Ini tidak separah 2007,” ujar Jokowi.

Rabu (16/1/2013) siang ini, Jokowi datang langsung ke beberapa perkampungan yang terkena banjir, seperti Rawa Buaya, Rawajati, Pejaten, Kampung Melayu, Kampung Pulo, Bukit Duri, dan Pasar Minggu. Jokowi memantau situasi banjir dan juga kondisi tempat pengungsian.

“Mereka (korban banjir) hanya bilang agar cepat diatasi banjirnya,” tutur Jokowi setelah bertemu langsung dengan sejumlah warga di pengungsian.

Jokowi menjelaskan, saat ini pihaknya lebih mengutamakan kondisi warga yang saat ini berada di lokasi pengungsian. Mengenai masalah banjir, Jokowi mengaku belum bisa berbuat banyak karena harus ditangani secara bertahap.

“Paling penting saya memastikan logistik ada, dapur umum ada, kesehatan ada, perahu karet ada, itu saja,” kata Jokowi, seperti dikutip dari Merdeka.com, Rabu (16/1/2013).

Jokowi meminta warga Jakarta khususnya para korban banjir untuk lebih bersabar. Pasalnya, masalah banjir tidak bisa diatasi dengan cara yang singkat. Namun, untuk saat ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan Wakil Presiden Boediono.

“Ini memang penanganan jangka panjang dan tadi kita juga sudah ke Pak Wapres (Boediono) agar dipercepat ya kalau ndak ya kita akan seperti ini,” tandasnya.

Sementara itu, sejumlah ruas jalan yang tadinya terputus kini sudah bisa dilalui kendaraan. Air banjir yang menggenangi jalan sudah mulai surut. Namun, ancaman banjir besar masih akan terus mengintai Jakarta karena curah hujan masih tinggi.

(YG)

Comment di sini