Waspadai Penyakit Ini Saat Terjadi Banjir

by
January 16th, 2013 at 1:40 pm

CiriCara.com – Hujan yang terus-menerus mengguyur beberapa wilayah di Indonesia membuat beberapa wilayah kebanjiran. Jika banjir, maka ruas jalan pun jadi ikut macet. Karena kedua hal itu, beberapa aktivitas masyarakat jadi terganggu.

Banjir memang kerap terjadi hampir setiap tahun di Jakarta. Bukan hanya berdampak kemacetan saja, tapi banjir yang terjadi di beberapa wilayah di juga bisa mendatangkan penyakit menular yang bisa menyerang tubuh Anda.

Jika Anda tidak bisa menjaga kondisi tubuh dengan baik, maka bisa terkena penyakit menular itu. Lalu, penyakit menular apa saja yang terjadi saat banjir? Dilansir Metrotvnews.com, inilah 7 penyakit menular saat banjir:

1. Penyakit kulit

Penyakit kulit bisa berupa infeksi, alergi, atau bentuk lain. Jika musim banjir datang, maka biasanya kebersihan kurang teerjaga dengan baik. Masyarakat yang kebanjiran itu biasanya akan kekurangan air bersih untuk mandi. Hal tersebut bisa menyebabkan mereka terkena penyakit kulit.

2. Penyakit saluran cerna

Selain penyakit kulit, penyakit saluran cerna juga bisa diderita oleh masyarakat yang kebanjiran. Misalnya, demam tifoid. Hal tersebut disebabkan karena faktor kebersihan makanan yang mereka asup kurang terjamin.

Corbisimages.com

3. Demam berdarah

Saat musim hujan, nyamuk aedes aegypti secara otomatis populasinya akan bertambah. Untuk itu, Anda harus mengantisipasi dengan menerapkan gerakan 3M yaitu mengubur kaleng-kaleng bekas, menguras tempat penampungan air secara teratur, dan menutup tempat penyimpanan air dengan rapat.

4. Diare

Penyakit diare sangat erat hubungannya dengan kebersihan seseorang. Pada saat banjir, sumber-sumber air minum masyarakat dari sumur dangkal akan ikut tercemar. Kondisi seperti itu berpotensial menimbulkan penyakit diare disertai penularan yang cepat.

5. ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut)

Penyebab ISPA bisa berupa bakteri, virus, dan berbagai mikroba lainnya. Gejala utama jika seseorang terkena ISPA yaitu batuk dan demam. Selain itu, batuk dan demamnya itu juga disertai sesak napas, nyeri, dan lain sebagainya.

6. Penyakit leptospirosis

Penyakit leptospirosis disebabkan oleh bakteri yang disebut leptospira. Penyakit itu merupakan salah satu penyakit zoonosis karena ditularkan melalui hewan. Di Indonesia, hewan penular terutama yaitu tikus, melalui kotoran dan air kencingnya.

7. Memperburuk penyakit kronis yang diderita

Jika seseorang menderita penyakit kronis dan kebanjiran, maka bisa menyebabkan kondisi tubuhnya semakin buruk. Hal tersebut dikarenakan penurunan daya tahan tubuh akibat musim hujan berkepanjangan, apalagi jika terjadi banjir selama berhari-hari.

Itulah 7 jenis penyakit yang perlu Anda waspadai saat terjadi banjir. Jika tak ingin menderita penyakit itu, maka tetap jaga kondisi tubuh Anda dan kebersihan di sekitar posko banjir. (NR)

Comment di sini