Obat-obatan yang Harus Disediakan Saat Banjir

by
January 17th, 2013 at 1:11 pm

CiriCara.com – Saat terjadi banjir, biasanya seseorang akan mengalami berbagai penyakit jika tak menjaga kondisi tubuhnya dengan baik. Gangguan kesehatan itu pasti akan datang saat cuaca buruk dan banjir yang terjadi beberapa kota di Indonesia.

Corbisimages.com

Corbisimages.com

Beberapa penyakit yang harus Anda waspadai saat terjadi banjir, antara lain penyakit kulit, diare, demam berdarah, ISPA, dan lain sebagainya. Agar tidak kebingungan mengatasinya, Anda bisa menyiapkan beberapa obat-obatan di rumah.

Dilansir Detik.com, dr Zaenal Abidin, MH.Kes, ketua Umum IDI (Ikatan Dokter Indonesia) memberikan saran untuk Anda mengenai obat-obatan yang sebaiknya tersedia saat cuaca buruk disertai banjir. Berikut obat-obatan yang perlu Anda sediakan saat terjadi banjir:

1. Obat batuk dan pilek

Cuaca dingin disertai hujan membuat daya tahan tubuh menurun sehingga mudah terkena infeksi. Penyakit yang mudah dialami saat cuaca seperti itu biasanya batuk dan pilek. Untuk itu, obat batuk dan pilek penting Anda sediakan. Tujuannya adalah untuk mengurangi gejala atau sakit yang lebih parah.

2. Obat diare

Saat terjadi banjir, biasanya masyarakat akan sulit untuk mendapatkan air bersih. Minimnya air bersih juga rentan menularkan berbagai kuman yang menyerang saluran pencernaan, seperti diare. Diare akibat infeksi kuman di saluran pencernaan harus segera diatasi. Jika dibiarkan atau tak segera diobati, maka bisa membuat Anda dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh.

kotak p3k

3. Vitamin

Vitamin juga perlu Anda sediakan saat terjadi banjir. agar kondisi tubuh tetap sehat walau cuaca buruk disertai banjir, Anda bisa mengonsumsi berbagai vitamin, seperti vitamin C dan B komplek. Kedua vitamin itu sangat baik untuk daya tahan tubuh Anda.

4. P3K

Saat banjir, biasanya ada masyarakat yang terluka. Untuk itu, Anda perlu menyediakan P3K (Pertolongan Pertama Pada kecelakaan). Obat-obat yang ada dalam P3K itu, seperti betadine, perban, dan lain sebagainya. Jika anda atau kerabat yang lain mengalami luka-luka di beberapa bagian tubuh, maka Anda bisa langsung mengatasinya.

Itulah obat-obatan yang perlu disediakan saat cuaca buruk disertai banjir. Dengan menyediakan obat-obatan itu, setidaknya Anda sudah bisa mencegah agar kondisi tubuh tak semakin parah saat cuaca buruk disertai banjir. (NR)

Comment di sini