Banjir Jakarta 2013: Jokowi Meninjau Proses Evakuasi Korban UOB

by
January 19th, 2013 at 12:29 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Genangan air yang ada di sekitar kawasan Bundaran Hotel Indonesia mengakibatkan  beberapa kantor yang berada di gedung-gedung tersebut terendam oleh banjir.

Salah satu gedung yang terendam banjir yaitu gedung UOB Plaza, Jakarta Pusat. Sejumlah kantor tenggelam akibat berada di basement gedung tersebut.

Kompas.com

Kompas.com

Dilansir dari Kompas.com, Herry, salah satu karyawan di gedung itu mengatakan bahwa di gedung UOB Plaza terdapat 3 lantai basement yang pada Kamis (17/1) seluruhnya telah tenggelam. Lantai basement 1 merupakan kompleks perkantoran dan restoran, basement 2 merupakan tempat parkir serta kantin karyawan, dan basement 3 untuk parkir.

Tenggelamnya basement di gedung UOB Plaza menyebabkan beberapa orang tenggelam di dalam. Namun, tim evakuasi pun langsung mencari para korban yang terjebak. Dicuplik dari sumber yang sama, hingga saat ini dua orang ditemukan selamat, sementara satu orang tewas. Korban yang selamat bernama Tri dan Tito.

Saat proses evakuasi di gedung UOB Plaza, Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo ikut meninjau pada sabtu (19/1) pukul 09.41 WIB.

Dengan mengenakan kemeja lengan panjang warna putih dan celana panjang hitam, dia memasuki gedung melalui pintu depan UOB Plaza. Lalu, menuju bagian barat gedung di mana tempat sejumlah petugas melakukan evakuasi.

“Saya ingin melihat langsung evakuasi,” ujar orang nomor satu di DKI Jakarta ini. Selain itu, dia juga mengatakan bahwa proses evakuasi korban harus menjadi fokus utama. Setelah evakuasi selesai, barulah pemerintah mengevaluasi bangunan UOB Plaza, apakah sesuai aturan atau tidak.

Hingga saat ini, evakuasi korban di UOB Plaza masih terus dilakukan. Penyedotan air masih terus dilakukan dan juga penyelaman untuk mencari korban.

Banjir yang terjadi di gedung UOB Plaza juga disebabkan karena jebolnya tanggul Latuharhary pada Kamis (17/1). Akibat banjir yang mendadak bak air bah tersebut, seluruh basement gedung langsung dipenuhi oleh air. (NR)

Comment di sini