Banjir Jakarta 2013: Listrik Masih Padam di Sejumlah Area Jakarta

by
January 19th, 2013 at 1:33 pm

Jakarta (CiriCara.com)Banjir yang menggenangi Ibukota membuat sejumlah besar kawasan Jakarta juga mengalami pemadaman listrik. Kenapa?

Antara Foto

Antara Foto

Dilansir dari Tempo.co, pemadaman listrik Jakarta dikarenakan oleh matinya PLTGU Muara Karang. Akibat banjir, wilayah di sekitar PLTGU Muara Karang, Jakarta terendam banjir.

Menurut keterangan Direktur Operasi Jawa Bali PT PLN (Persero) Ngurah Adnyana, PLTGU Muara Karang hanya bisa beroperasi dengan total daya sekitar 750 megawatt, jauh dari kebutuhan penduduk Jakarta yang berada di atas 1.440 megawatt.

Selain itu, pihak PLN juga masih memadamkan sekitar 1.000 lebih gardu listrik hingga hari ini, Sabtu, 19 Januari 2013.

“Sampai pagi ini, jumlah gardu distribusi yang padam 1.297 buah,” tutur Manajer Senior Komunikasi PLN, Bambang Dwiyanto kepada Tempo.co, Sabtu, 19 Januari 2013.

Ribuan gardu tersebut dipadamkan karena air menggenangi sejumlah lokasi gardu listrik. Menurut keterangan Bambang, meski air sudah surut, masih diperlukan waktu untuk membersihkan gardu yang terkena lumpur akibat banjir.

PLN akan kembali menyalakan listrik apabila kondisi dinilai sudah aman. Ribuan gardu yang dipadamkan tersebar di wilayah Jatinegara, Kebon Jeruk, Lenteng Agung, Kebo Sirih, Pasar Minggu, Menteng, Bandengan, Cikupa, dan lainnya.

Sedangkan gardu induk yang tersebar di Gardu Induk Pulogadung, Dukuh Atas, Budi Kemuliaan, dan Kebon Sirih juga dipadamkan karena tembok pelindung gardu hancur diterjang banjir.

Sementara kepada pihak masyarkat, PLN tetap  meminta agar masyarakat mematikan listrik dengan cara menurunkan sekering di meteran listrik supaya terhindar dari bahaya seperti tersengat listrik dan kebakaran. (RN)

Comment di sini