Banjir Jakarta 2013: Sutiyoso Usulkan Membangun 4 Waduk Besar di Jakarta

by

Sutiyoso Jakarta (CiriCara.com) – Banjir disebut sebagai agenda tahunan bagi wilayah ibukota Jakarta dan wilayah penyangga ibukota lainnya seperti Bekasi, Bogor, dan Tangerang.

Banjir Jakarta 2013 adalah tantangan bagi pemerintahan provinsi Jakarta yang dipimpin oleh Gubernur baru, Joko Widodo.

Dapat dikatakan bahwa gubernur yang akrab disapa Jokowi ini baru mulai memerintah, tapi sudah diberi tugas yang berat, yakni menangani dan menyiasati bencana banjir di ibukota tercinta ini.

Tak sedikit pula pihak-pihak yang memberikan saran atau bahkan mengkritik kinerja bapak Gubernur yang terkenal dengan program sidaknya (penyelidikan mendadak) ini.

Seperti dikutip dari Kompas.com, Sutiyoso, mantan gubernur DKI Jakarta sebelum pemerintahan Fauzi Bowo, mengatakan bahwa setidaknya 4 waduk besar harus dibangun oleh pemerintahan pusat yang nantinya akan berfungsi untuk menampung air di Jakarta Selatan.

Saat mengunjungi lokasi banjir parah di Plaza UOB, M.H Thamrin, Jakarta Pusat, Sutiyoso berkata, “Kita butuh tiga sampai empat waduk besar. Harusnya diambil alih pemerintah pusat, departemen pekerjaan umum.” ungkapnya kepada Kompas.com.

Pria yang akrab disapa Bang Yos ini juga menambahkan, jika pemerintah tidak segera melakukan pembangunan waduk, maka warga Jakarta harus bersiap-siap mengalami banjir yang lebih besar dari banjir sekarang ini.

Akan tetapi, waduk besar saja belum cukup untuk mengatasi bencana banjir yang datang akibat angin musim timur laut ini (northeasterly monsoon surge). Peran seluruh warga juga sangat dibutuhkan untuk mencegah bencana banjir yang lebih parah lagi melanda Jakarta. (yk)


comments powered by Disqus