CiriCara: Cara Mengatasi Insomnia Secara Alami

by
January 19th, 2013 at 10:00 am

CiriCara.com - Apakah Anda sering mengalami sulit tidur di malam hari? Jika ya, mungkin Anda mengidap insomnia. Insomnia adalah gejala kelainan yang meyebabkan tidak dapat tidur nyenyak dan mengalami kegelisahan serta kecemasan saat menjelang tidur. Setiap orang bisa mengidap kelainan ini, tanpa melihat faktor umur dan jenis kelamin.

Banyaknya pikiran merupakan salah faktor yang bisa menyebab seseorang mengidap insomnia. Pekerjaan yang dikejar deadline, masalah dengan rekan kerja, dan masalah-masalah lainnya  tanpa disadari dapat membebani pikiran kita. Hal ini yang memicu Anda sulit tidur karena Anda sibuk mencari solusi untuk mengatasinya.

Selain itu, faktor obat-obatan dan makanan yang Anda konsumsi bisa juga menjadi faktor penyebab insomnia. Konsumsi makanan dan obat-obat peningkat daya tahan tubuh yang berlebihan dapat meningkatkan stamina yang membuat Anda merasa terlalu bersemangat.

Untuk mengatasi insomnia, Anda bisa mengonsumsi obat penenang atau obat tidur. Namun, cara ini sebaiknya dihindari karena dapat menyebabkan ketergantungan. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi insomnia secara alami :

1. Olahraga teratur

Kegiatan yang satu ini tidak bisa diremehkan. Olahraga teratur membantu Anda dalam mengatasi insomnia. Luangkan waktu minimal 3 kali seminggu untuk melakukan olahraga. Anda bisa melakukan yoga, jogging, atau fitness agar sirkulasi darah dan kerja organ tubuh Anda lebih baik. Namun, jika Anda terlalu sibuk dan sulit untuk mengatur jadwal untuk berolahraga, Anda bisa meluangkan waktu untuk berjalan atau bersepeda ke tempat kerja ataupun memilih untuk naik tangga untuk mencapai lantai tempat Anda bekerja. Aktivitasl ini dapat membantu tubuh dan terutama otak akan menjadi rileks dan segar.

2. Konsumsi makanan dan minuman yang sehat

Hindari mengonsumsi makanan berat sebelum tidur untuk mengurangi rasa bersemangat Anda. Pilihlah makanan ringan yang menyehatkan seperti buah-buahan karena membantu Anda merasa lebih tenang dan bisa melancarkan metabolisme tubuh. Selain itu, Anda perlu menghindari minuman yang mengandung kafein, yang dapat mengurangi rasa kantuk dan membuat Anda tetap segar. Mengonsumsi susu hangat dipercaya bisa membuat tidur lebih nyenyak.

3. Hindari penggunaan gadget

Saat ini, gadget sepertinya sudah menjadi kebutuhan dalam hidup setiap orang. Anda mungkin tidak bisa jauh dari gadget karena suatu kewajiban pekerjaan ataupun sekadar bersosialisasi degan teman. Namun, benda ini menjadi salah satu faktor utama Anda mengidap insomnia. Anda perlu memberikan kesempatan tubuh dan pikiran untuk beristirahat. Jika Anda sering menghabiskan banyak waktu untuk mengecek jejaring sosial, BBM, atau bermain games sesaat sebelum tidur, Anda sebaiknya mengurangi kebiasaan tersebut.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi insomnia. Jangan lupa untuk berdoa kepada Tuhan sebelum tidur karena secara tidak langsung akan memberikan ketenangan jiwa dalam diri Anda. Jika Anda masih belum bisa mengatasi insomnia dengan cara alami, Anda bisa berkonsultasi ke dokter. (MN)

Comment di sini