5 Kebiasaan yang Membuat Tubuh Semakin Mekar

by
January 20th, 2013 at 8:00 am

CiriCara.com – Anda tak harus mengurangi porsi makan secara berlebihan untuk terhindar dari ancaman obesitas. Menjaga pola makan juga adalah hal yang harus dilakukan agar tubuh tetap sehat sebab kebiasaan makan juga memiliki pengaruh besar dalam kesehatan.

Bahkan, kebiasaan makan yang salah malah akan membuat berat badan semakin meningkat. Apa saja kebiasaan makan yang membuat berat badan bertambah?

1. Tidak sarapan

Biasakan untuk sarapan setiap pagi secara rutin. Jangan pernah menganggap remeh sarapan karena melewati sarapan pagi malah akan membuat diet menjadi kacau. Mengapa demikian? Karena rasa lapar yang tertunda pada pagi hari akan membuat Anda lebih merasa lapar pada siang harinya sehingga hal tersebut akan membuat Anda jadi memilih makanan secara sembarangan.

U.S. National Weight Control Registry menjelaskan bahwa sarapan merupakan faktor yang cukup penting dalam usaha menurunkan berat badan.

2. Melahap camilan ketika bosan

Biasanya ketika orang merasa bosan, mereka cenderung mencari makanan ringan untuk dapat menghilangkan rasa bosan. Padahal, itu bukan ide bagus untuk mengatasi rasa bosan. Lebih baik berolahraga atau melakukan kegiatan yang berguna lainnya untuk mengatasi rasa bosan yang melanda diri Anda. Dengan begitu, keinginan untuk “ngemil” di saat bosan dapat ditekan.

3. Menghabiskan makanan milik orang lain

Menghabiskan makanan orang lain di sini bukan berarti kita melahap sisa makanan semua orang. Tapi, maksudnya adalah menghabiskan sisa makanan dari orang tertentu saja seperti anak, atau keluarga.

Biasanya anak cenderung menyisakan makanan jika ia sudah merasa bosan atau kenyang, lalu orang tualah yang akan menghabiskannya. Kebiasaan seperti itu tidak baik bagi tubuh karena malah akan menambahkan asupan kalori dalam tubuh secara tidak sengaja.

Jika anak sering menyisakan makanan berikan nasi dan lauk secukupnya agar mereka bisa menghabiskannya.

4. Porsi ekstra

Beberapa restoran biasanya menawarkan kepada para pengunjungnya untuk dapat memesan porsi yang lebih banyak dengan harga yang tidak berbeda jauh. Memang cara tersebut terbilang hemat, tapi sisi negatifnya adalah akan membuat seseorang cenderung untuk menghabiskan jumlah makanan yang lebih besar daripada yang seharusnya diasup oleh tubuh.

5. Melewatkan makan siang

Saat makan siang merupakan waktu yang tepat untuk mengisi pasokan energi Anda untuk menjalani berbagai kegiatan hingga malam hari. Melewatkan makan siang justru menyebabkan lapar berat dan ujungnya bisa membuat orang mengonsumsi makanan secara sembarangan dalam jumlah banyak.

Otomatis, berat badan pun semakin bertambah karena terlalu banyak makan pada saat itu. Untuk itu, cobalah untuk makan siang dengan makanan yang kaya akan protein untuk agar perut dapat terasa kenyang lebih lama. (CT)

Comment di sini