Banjir Jakarta 2013: Waspada! Jakarta Belum Masuk Puncak Musim Hujan

by
January 20th, 2013 at 2:30 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Walau sejumlah lokasi banjir di Ibukota mulai surut, tampaknya warga harus tetap waspada karena hujan deras masih akan terus menghantui Jakarta hingga pertengahan Februari nanti.

Republika

Republika

Diberitakan oleh Tempo.co, menurut Kepala Bidang Informasi Badan Meteorologi dan Geofisika, Harry Tiro Djatmiko, hujan deras masih akan turun di seluruh wilayah Jakarta dan sekitarnya selama sepekan ke depan.

“Secara moderat, hujan deras masih akan membayangi Jakarta, terlebih sebenarnya sudah memasuki puncak musim penghujan,” ujar Harry Sabtu, 19 Januari 2013 kepada Tempo.co.

Menurut Harry, puncak musim hujan cenderung akan terjadi pada pertengahan Januari hingga pertengahan Februari. Dalam masa-masa tersebut, hujan deras dengan intensitas sangat tinggi bisa datang kapanpun.

Walau sudah memprediksikan hujan deras dengan intensitas sangat tinggi seperti itu, BMKG belum bisa menentukan dengan pasti ukuran curah hujan harian sepekan ke depan.

Namun jika dilihat dari tahun-tahun sebelumnya, hujan diprediksikan turun dengan curah hujan 100 milimeter hingga 340 milimeter per hari.

Hingga saat ini, BMKG masih memantau puncak dan ukuran curah hujan yang akan mengguyur Jakarta dan sekitarnya.

Harry menjelaskan bahwa tingginya curah hujan ke depan disebabkan oleh tumbukan massa uap air yang terkumpul di awan dari arah utara dan selatan. Tumbukan itu menyebabkan sabuk awan dengan massa air cukup besar yang membentang dari wilayah barat hingga timur Jakarta.

Ditengarai, akhir pekan ini Jakarta sedang berada dalam massa jeda dimana curah hujan yang turun tidak terlalu deras. Massa jeda ini akan berlangsung selam 2 hingga 3 hari.

Massa jeda yang terjadi sejak hari Jumat, 18 Januari 2013 hingga hari ini, Minggu, 20 Januari 2013 diprediksikan sebagai hari permulaan menuju puncak musim hujan.

“Untuk saat ini, sedang masuk masa jeda yang berlangsung kurang lebih 2-3 hari. Biasanya ini terjadi menjelang titik peak (puncak) musim penghujan,” ujar Harry, Sabtu, 19 Januari 2013 kepada sumber yang sama. (RN)

Comment di sini