Banjir Jakarta 2013: Amerika Bantu Korban Banjir di Jakarta

by
January 21st, 2013 at 2:33 pm

ciricara.com-amerika_bantu_korban_banjir_jakartaJakarta (CiriCara.com) – Banjir di Jakarta selama beberapa hari ini telah menarik perhatian media asing dari berbagai negara.

Lewat media tersebut, sebagian masyarakat dunia mengetahui kondisi Ibukota Negara Republik Indonesia sekarang ini.

Dilansir dari Merdeka.com, melalui Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) telah menawarkan bantuan sebesar USD 150.000 atau Rp. 1,4 miliar untuk mendukung gerakan bantuan kemanusiaan pemerintah Indonesia dalam membantu korban banjir Jakarta.

Dalam menyalurkan bantuannya, USAID berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan juga pimpinan masyarakat setempat yang terkena musibah banjir.

Menurut Scot A. Marciel, Duta Besar Amerika Serikat, bantuan tersebut akan difungsikan bagi pengadaan dan distribusi barang-barang bantuan kemanusiaan termasuk barang-barang untuk membersihkan sisa-sisa banjir.

“Meskipun situasi tersebut telah melanda ribuan orang, saya sangat tersentuh melihat bagaimana warga Indonesia saling membantu tanpa pamrih, dan akan kerja keras dan dedikasi para pejabat tanggap bencana, polisi, dan militer,” katanya dalam keterangan tertulis seperti dikutip Merdeka.com, Minggu, 20 Januari 2013.

Pemerintah Amerika Serikat telah bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia dalam menangani setiap bencana alam yang terjadi.

Bahkan selama sepuluh tahun terakhir ini, USAID telah membantu penanganan bencana banjir di Ambon pada tahun 2012, letusan Gunung Merapi pada tahun 2010, gempa bumi Padang pada tahun 2009, gempa bumi Yogyakarta pada tahun 2009, dan tsunami Aceh pada tahun 2004 lalu.

Sementara itu tanggap darurat banjir Jakarta diberlakukan oleh Gubernur DKI Jakarta mulai dari tanggal 17 Januari 2013 hingga 27 Januari 2013 nanti.

BNPM memimpin tanggap bencana di daerah banjir dengan cara menyediakan tempat penampungan sementara, makanan, dan barang bantuan bagi korban yang berada di tempat evakuasi serta bantuan pembersihan pasca banjir.

Sementara itu, Kedubes AS bekerja sama dengan BNPB serta Pemerintah Indonesia agar upaya penangan pasca banjir ini terus berlangsung dengan baik.

Hingga saat ini, korban yang jatuh akibat banjir yang menerjang Ibukota sejak pekan lalu sudah mencapai 20 orang, sementara beberapa lokasi banjir seperti Pluit, ketinggian air diperkirakan masih terus bertambah. (RN)

Comment di sini