Banjir Jakarta 2013: Kata Wakil Ketua DPR, Kuah Soto dan Rawon Jadi Penyebab Banjir

by
January 21st, 2013 at 5:02 pm

Jakarta (CiriCara.com)Banjir menggenangi sebagian besar wilayah di Ibukota. Siapa yang patut disalahkan atas musibah ini?

Hingga saat ini masih banyak spekulasi tentang penyebab banjir yang bermunculan di masyarakat, mulai dari pembangunan mall, pemukiman mewah, gedung perkantoran, dan jalanan serta minimnya resapan air di Jakarta.

Berbagai politisi ikut berkomentar tentang penyebab banjir besar di Jakarta tahun ini termasuk Wakil Ketua DPR, Pramono Anung. Ia mempunyai analisa sendiri tentang penyebab banjir Jakarta.

ciricara.com-banjir_jakarta_2013

Menurut Wakil Ketua DPR ini, banjir disebabkan karena endapan kuah soto dan rawon yang dibuang ke sungai.

“Ternyata penyebab banjir itu semata-mata bukan karena sampah, kuah bekas rawon bekas soto yang lama-lama mengendap juga bisa menjadi penyebab,” kata Pramono dalam pertemuan antara pimpinan DPR dengan Jokowi di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin 21 Januari 2013 kepada Detik.com.

Ternyata Pramono Anung tidak sembarangan mengambil kesimpulan ini. Menurut Pramono, dirinya sudah berdiskusi dengan Wali Kota Surabaya yang mengatakan bahwa kuah soto dan rawon yang dibuang ke sungai menjadi salah satu penyebab banjir.

Pramono menyarankan Jokowi untuk mengecek saluran air dan daerah yang menjadi sirkulasi pompa di Jakarta karena kemungkinan besar saluran tersebut terhambat endapan kuah.

“Kita tahu kan kalau kuah soto kita taruh kulkas lalu akan ada lapisan yang mengendap. Jadi mungkin Pak Jokowi bisa mengecek, bapak bisa cek daerah-daerah sirkulasi pompa,” katanya kepada sumber yang sama.

Jokowi yang berada di gedung yang sama terlihat menerima usulan Wakil Ketua DPR itu dan mencatat semua masukan dari Pramono Anung.

Kuah soto dan rawon sebagai penyebab banjir memang tidak pernah terduga sebelumnya. Tapi jika seluruh penduduk Jakarta gemar makan soto dan rawon, spekulasi tersebut mungkin bisa dibenarkan. (RN)

Comment di sini