Banjir Jakarta 2013: SBY dan Jokowi Hebohkan Para Pengungsi

by
January 21st, 2013 at 9:35 am

Jakarta (CiriCara.com) – Minggu, 20 Januari 2013, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Gubernur DKI, Joko Widodo berkunjung ke posko banjir di Kelurahan Bidara Cina, Kampung Melayu, Jakarta Timur.

VIVAnews

VIVAnews

Mengetahui kedatangan dua orang pejabat tersebut, para warga spontan berebutan mendatangi mereka.

Dilansir dari Tribunnews.com, di tempat pengungsian para korban banjir tersebut, Presiden SBY mendengar langsung laporan penanggulangan bencana banjir dari Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Syamsul Maarif dan Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto.

Bahkan di bawah tenda pengungsian tersebut tepatnya di di depan Gelanggang Olah Raga (GOR) Otista, SBY juga menggelar rapat terpadu.

Setelah menggelar rapat, maka rombongan Presiden dan Menteri langsung mengunjungi korban bencana banjir dalam GOR tersebut satu persatu. Mereka juga mengecek kesiapan dapur umum serta posko dari Telkom Group.

Kemudian, rombongan menuju perumahan warga yang terendam banjir di belakang Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS). Kedatangan Jokowi dan SBY ini sempat membuat jalanan macet karena pihak keamanan tidak mendapat pemberitahuan sebelumnya.

Melihat kedatangan Presiden dan Gubernur DKI Jakarta ke tempat pengungsian, para pengguna jalan umum turut berhenti menyaksikan peristiwa langka ini. Lewat kamera ponsel, warga langsung mengabadikan kehadiran SBY dan Jokowi tersebut.

“Pak Jokowi, Pak Jokowi, minta foto dong,” teriak para warga seperti dikutip oleh Tribunnews.com.

Rombongan Presiden SBY ini beranjak ke Kampung Bidara Cina. Mereka lalu menyusuri gang kecil menuju Sungai Ciliwung yang luapan airnya menggenangi pemukiman warga.

Selain mengadakan rapat, dalam kunjungan kali ini, beliau juga memastikan bahwa bantuan yang disalurkan diterima oleh warga. Presiden juga memberi instruksi kepada warga tentang penanganan banjir di  masa yang akan datang.

Di waktu yang sama, Presiden juga menggelar konferensi pers di pinggir Sungai Ciliwung tepatnya di belakang rumah warga yang terkena dampak banjir.

Dalam konferensi tersebut, para menteri yang mengikuti Presiden adalah Menteri Keuangan Agus Martowardoko, Menteri Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, Menteri Perhubungan EE Mangindaan, Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo, Menko Kesra Agung Laksono, dan Sekretaris Kabinet Sudi Silalahi.

Rombongan lalu menuntaskan kunjungannya setelah menuju ke mobil dinas RI 1 di belakang pom bensin Pertamina dekat dengan STIS. (RN)

Comment di sini