CiriCara: Cara Agar Tak Mendapatkan Kerugian Akibat Banjir

by
January 21st, 2013 at 10:40 am

cara agar tidak rugi akibat banjirCiriCara.comBanjir yang melanda kota Jakarta cukup membuat aktivitas warga terhenti. Akibat banjir, sebagian besar perusahaan meliburkan para pekerjanya. Meliburkan para pekerjanya itu tentunya cukup membuat pemasukan perusahaan jadi berkurang.

Bukan hanya perusahaan saja yang rugi, tapi beberapa orang juga rugi tenaga, waktu, dan materi. Mereka yang menerjang genangan air untuk bisa sampai di tempat tujuan cukup membuat dirinya kelelahan dan sepeser uang pun ikut terbuang begitu saja karena mereka harus menggunakan jasa ojek gerobak untuk melindungi kendaraannya dari genangan air.

Belum lagi para warga yang di rumahnya terkena banjir. Harta benda yang ada di rumahnya kemungkinan besar akan ikut lenyap. Banjir merupakan sebuah bencana yang tentunya tidak bisa diprediksikan oleh siapapun. Akibat banjir, beberapa orang juga akan mengalami kerugian.

Namun, ada cara untuk mencegah terjadinya kerugian tersebut. Bagaimana? berikut 4 cara agar tak mendapatkan kerugian akibat banjir:

1. Membuat rumah tahan banjir

Mungkin Anda pernah membaca tips agar rumah tak kebanjiran. Anda disarankan agar memastikan semua lubang di rumah tertutup, menggunakan pintu yang bisa mencegah masuknya air ke dalam rumah, dan memasang colokan listrik setinggi satu meter dari lantai. Namun, Anda juga bisa bertanya pada kontraktor lokal untuk mencari tahu bagaimana cara membuat rumah tahan bajir.

Jakarta Kebanjiran

2. Mengasurasikan rumah dan mobil dari bencana

Tidak semua orang memahami betapa pentingnya asuransi. Padahal, jika dipikir-pikir asuransi itu sangat dibutuhkan. Jika ada bencana alam, seperti banjir, maka Anda bisa pergunakan asuransi itu. Untuk itu, asuransikanlah rumah dan mobil Anda dari bencana alam, seperti banjir. Hal tersebut tentunya tak akan membuat Anda rugi.

3. Memiliki dana darurat

Kehilangan pekerjaan merupakan risiko lain selama banjir. Anda bisa seketika terkena PHK dari perusahaan yang mengalami kerugian besar akibat banjir. Bagi Anda si pemilik usaha yang terkena banjir, persediaan barang dan tempat usaha juga bisa menjadi rusak akibat banjir. Untuk melindugi diri dan keluarga dari kesulitan lainnya, Anda disarankan untuk membuat dana darurat yang mencakup kebutuhan selama 6 bulan ke depan. Hidup Anda akan bisa terpenuhi karena memakai dana darurat itu.

4. Mengamankan dokumen berharga

Jika Anda memiliki rumah dengan dua lantai, maka simpan benda-benda tersebut di sana. Jika tidak, maka Anda bisa menyimpan barang-barang berharga atau dokumen penting di rak paling atas. Alangkah baiknya, untuk menyimpan benda-benda tersebut di tempat penyimpanan anti air. Dengan mengamankan atau menempatkan benda-benda tersebut di tempat yang benar dan tak terkena banjir, Anda tidak akan mendapatkan kerugian setelah banjir.

Itulah cara agar Anda tak mendapatkan kerugian setelah banjir. Bagaimanapun juga, bencana itu tentunya tak bisa diprediksi. Untuk itu, Anda harus melakukan keempat cara tersebut jika tak ingin mendapatkan kerugian yang besar akibat banjir. (NR)

Comment di sini