CiriCara: Cara Cerdas Mengeringkan Buku Pasca Banjir

by
January 21st, 2013 at 3:21 pm

mengeringkan buku yang basahCiriCara.com – Air yang masuk ke dalam rumah akibat banjir membuat beberapa harta benda yang dimiliki ikut basah. Mereka yang kebanjiran, membuat barang-barang elektronik, perabotan rumah tangga, bahkan buku favoritnya ikut rusak. Barang-barang elektronik yang terkena banjir mungkin akan sulit diperbaikinya lagi.

Tapi, bagaimana dengan buku favorit Anda yang sudah terlanjur basah akibat banjir?

Jangan khawatir, Anda bisa mengeringkannya kembali dengan cara yang mudah. Buku yang basah akibat banjir itu bisa kembali kering asalkan Anda bisa segera mengatasinya. Dilansir Ehow.com, inilah cara cerdas mengeringkan buku pasca banjir:

1. Memisahkan jenis buku dahulu

Anda harus memisahkan jenis buku yang memiliki halaman mengkilap dengan kertas yang standar. Buku yang halamannya mengkilap perawatannya berbeda dengan buku yang berkertas standar. Jenis buku yang halamannya mengkilap itu, sebaiknya ditangani oleh orang yang profesional saja. Sementara buku dengan kertas standar bisa diganti jika kondisinya terlalu parah.

buku basah

Buku Basah

2. Menggunakan tisu

Untuk mengeringkan buku yang basah, Anda bisa menggunakan paper towel atau tisu. Caranya, selipkan sehelai tisu pada setiap halaman buku. Namun, pilihlah merek tisu yang berkualitas agar airnya bisa meresap dengan cepat dan buku Anda tetap aman.

3. Menggunakan popok bayi

Cara cepat lain agar buku yang terendam banjir itu cepat kering yaitu dengan menggunakan popok bayi. Popok memiliki kekuatan menyerap lebih cepat dan efektif. Bukan haya kering, tapi buku-buku kesayangan Anda juga bisa berkurang kelembapannya.

4. Gunakan kaleng untuk menindih buku

Agar buku cepat kering, biasanya dibutuhkan kaleng atau sesuatu yang berat untuk menindihnya. Hal tersebut bisa Anda lakukan agar mempercepat penyerapan air pada popok yang ditaruh di halaman atau tisu pada setiap halaman buku.

5. Bantuan kipas angin

Terakhir, Anda bisa menggunakan kipas angin agar buku benar-benar kering. Sentuh setiap halaman, apakah ada yang masih basah atau sudah kering semua. Jika sudah kering semua, maka jangan langsung meletakannya di rak. Biarkan buku berdiri tegak dahulu selama beberapa haru untuk memastikan tulang buku benar-benar sudah kering.

Itulah cara cerdas mengeringkan buku pasca banjir. Buku yang sudah terlanjur basah itu jangan langsung dibuang. Anda bisa mencoba tips di atas untuk mengeringkannya. Selamat mencoba. (NR)

Comment di sini