CiriCara: Cara Menghindari Diare Pasca Banjir

by
January 21st, 2013 at 11:27 am

DiareCiriCara.com – Saat terjadi banjir, Anda perlu menjaga kesehatan tubuh agar tak terkena penyakit. Saat banjir, penyakit yang sering muncul salah satunya adalah diare. Diare bisa terjadi pada siapa saja jika mereka tak menjaga kebersihan dan kesehatan tubuhnya dengan baik.

Banjir yang sempat terjadi sejak Kamis (17/1), kini berangsur-angsur surut. Namun, surutnya air tersebut membuat Anda harus mewaspadai berbagai penyakit yang sering muncul setelah banjir. Kondisi cuaca yang masih tidak stabil, sanitasi tempat pengungsian yang buruk, dan masih kotornya rumah akibat banjir bisa membuat Anda kesulitan untuk mendapatkan air bersih.

Kesulitan untuk mendapatkan air bersih menyebabkan Anda mudah terkena wabah diare. Ketahuilah bahwa diare ringan bisa membahayakan jiwa Anda karena tubuh kekurangan cairan. Jika tubuh kekurangan cairan, maka semua organ di tubuh akan mengalami gangguan.

Untuk itu, Anda harus tetap bisa menjaga kebersihan dan kondisi tubuh agar tak terkena diare. Bukan hanya kedua hal itu, masih ada hal lain juga yang perlu Anda lakukan. Berikut 3 cara menghindari diare pasca banjir:

1. Membiasakan mencuci tangan

mencuci tangan sampai bersih

Biasakanlah diri mencuci tangan menggunakan sabun sebelum makan dan setelah buang air besar. Mencuci tangan dengan sabun bisa menghilangkan kuman-kuman yang menempel pada tangan.

2. Meminum air yang direbus terlebih dahulu

Usahakan untuk meminum air yang sudah direbus hingga mendidih. Tujuannya adalah agar semua bakteri yang bisa menyebabkan sakit itui tidak ikut masuk ke dalam tubuh.

3. Segera bersihkan rumah

Rumah yang kebanjiran alangkah baiknya segera dibersihkan. Sampah dan lumpur yang berserakan di sekitar rumah bisa jadi sarang penyakit jika tak segera dibersihkan.

Itulah cara agar Anda dan anggota keluarga tidak terkena diare setelah banjir. Namun, jika terjadi gejala diare, seperti buang air besar lebih dari 3 kali sehari atau buang air besar yang tidak padat, maka segera minum banyak air putih atau oralit. Bila perlu, segera pergi ke dokter.

*Oralit merupakan pencampuran baha-bahan yang dilarutkan. Berikut cara membuat oralit:

- 200 ml atau 1 gelas belimbing air matang

- 2 sendok teh gula pasir

- 1/2 sendok teh garm halus

(NR)

Comment di sini