10 Alasan BlackBerry 10 Bisa Menyelamatkan RIM

by
January 22nd, 2013 at 9:41 am

ciricara.com-blackberry_10_handsetCiriCara.comResearch In Motion (RIM) vendor pembuat BlackBerry diisukan akan mengalami kebangkrutan karena produknya dianggap telah kalah bersaing dengan Android milik Google dan iOS milik Apple.

Namun tampaknya RIM berusaha menepis kabar ini dengan cara meluncurkan produk terbarunya, BlackBerry 10. Bahkan BlackBerry 10 ini dianggap sebagai penyelamat RIM. Kenapa?

Ada 10 alasan kenapa BlackBerry 10 bisa menyelamatkan keberadaan RIM yang terancam ditinggal oleh para konsumennya:

1. BlackBerry Punya 80 Juta Pengguna

Menurut data dari RIM, pengguna atau pelanggan layanan BlackBerry mencapai 80 juta orang. Puluhan juta pelanggan ini adalah mereka yang tetap loyal terhadap produk BlackBerry.

2. E-mail yang lebih aman

BlackBerry dikabarkan memiliki server e-mail yang aman. BlackBerry pernah dipuji sebagai handset yang memiliki keamanan e-mail terbaik dibanding ponsel atau smartphone lainnya.

3. BlackBerry 10 memiliki dual profil atau profil ganda.

BlackBerry 10 akan dilengkapi dengan dual profil untuk personal dan pekerjaan. Profil tersebut tidak dapat diakses satu sama lain dan dijalankan dengan terpisah. Karenanya, pengguna BlackBerry 10 bisa menggunakan teleponnya untuk bekerja dan tetap terkoneksi secara personal dengan orang lain.

4. Rilis lebih awal bagi para ‘influencers’

Influencers di sini adalah orang-orang yang bisa mempengaruhi orang lain untuk membeli telepon. Strategi jitu dari RIM ini mungkin berhasil. Di zaman sekarang, kebanyakan para penggemar gadget lebih suka berburu gadget keren sebelum orang lain memilikinya.

5. Sistem operasi yang inovatif

Kebanyakan para pengguna smartphone masih kesulitan untuk mengoperasikan sebuah handset dengan keyboard digital. Sedangkan BlackBerry 10 dikabarkan memiliki keyboard virtual yang akan muncul saat pengguna menekan keyboard. RIM telah menyusun konsep ini dalam waktu yang lama untuk kenyamanan pengguna.

Tech Crunch

Tech Crunch

6. Sistem operasi inovatif lainnya

BlackBerry 10 nantinya bisa mengoperasikan 4 aplikasi sekaligus dengan waktu yang sama. Dalam sekali geser, pengguna bisa menjelajahi berbagai media sosial seperti Twitter dan Facebook  di tepian layar yang langsung menunjukkan notifikasi dan akses untuk media sosial yang sedang dijelajahi.

7. Fitur BlackBerry “Electronic Wallet” yang bekerja sama dengan VISA

Tentunya fasilitas yang dikabarkan akan ditanamkan juga dalam BlackBerry 10 ini, pengguna bisa memakai BlackBerry 10 untuk membayar karena handset inis udah mendukung NFC yang  untuk keperluan membayar.

8. Target market RIM adalah bisnis dan pemerintahan

RIM sedang menargetkan pebisnis dan pemerintah untuk memakai BlackBerry. Oleh karena itu, dalam BlackBerry 10 terdapat aplikasi untuk keamanan pemerintah. Jika dibandingkan dengan iPhone 5 dan Galaxy S III, hanya RIM yang memiliki perhatian khusus untuk  pebisnis dan pemerintah.

BlackBerry 10 akan lebih aman digunakan dan mudah dioperasikan. Tentu saja para pebisnis dan pemerintah tidak terlalu mencari hiburan seperti yang ditawarkan iPhone 5 dan Galaxy S III.

9. BlackBerry 10 dikabarkan bisa terintegrasi dengan iOS dan Android

Sejak dulu, BlackBerry memang suka ‘mengurung diri’, namun setelah diluncurkan banti, BlackBerry 10 bisa terkoneksi dengan iPhone 5 dan Galaxy S III. Bahkan diperkirakan, BlackBerry akan lebih dulu menguasai pasar software.

10. Terdapat model BlackBerry 10 dengan keyboard QWERTY

BlackBerry sejak dulu terkenal dengan model keyboard QWERTY-nya. Tentu saja trademark BlackBerry ini tidak akan ditinggalkan.

Menurut penelitian yang dilakukan pihak BlackBerry di Asia Tenggara, kebanyakan pengguna BlackBerry di sana suka mengirim pesan pendek dengan handset model QWERTY. Tentunya produk BlackBerry 10 nanti juga terdapat model handset dengan keyboard QWERTY.

Itulah kesepuluh alasan kenapa BlackBerry 10 diperkirakan dapat menyelamatkan RIM, sang vendor, dari kebangkrutan. Mungkin ini hanya spekulasi, tapi jika kesepuluh fitur di atas dapat berjalan dengan baik, tentu RIM tidak akan gulung tikar seperti perkiraan banyak orang. (RN)

Seeking Alpha

Comment di sini