6 Gejala Performa Apple Semakin Menurun

by
January 22nd, 2013 at 1:46 pm

iphon5CiriCara.com - Setelah kepergian Steve Jobs, Apple sering disebut minim kreativitas dan inovasi dalam mengembangkan produk baru. Kemampuan iPhone 5 yang dirilis tahun lalu pun tampak tidak begitu berbeda dengan iPhone generasi sebelumnya.

Benarkah Apple mulai meredup dan tidak seperti saat dipimpin oleh almarhum Steve Jobs? Berikut adalah enam hal yang menyiratkan semakin menurunnya performa Apple di jagat teknologi:

1. Apple tidak seperti dulu lagi

Beda pemimpin tentunya beda pula gayanya. Memang Tim Cook dapat dibilang berhasil dalam menjalankan perusahaan raksasa ini, namun tetap saja gayanya tidak sama seperti saat dipimpin oleh Steve Job dulu.

Apple yang sekarang cenderung menuruti keinginan dari konsumen. Padahal saat dipimpin oleh Steve Jobs, Apple yang malah mendikte konsumen tentang barang yang harusnya mereka inginkan. Misalnya, saat Steve Jobs dulu tak mau membuat iPad Mini, kini telah dibuat. Bahkan ke depannya akan muncul iPhone dengan versi yang lebih murah sehingga membuat eksistensi Apple menyimpang dari yang sebelumnya.

2. Harga kurang terjangkau

Memang dengan adanya ekspansi yang dibangun oleh Apple ke pasar global membuat Apple menjadi lebih sukses. Namun, tidak semua wilayah mengganggap produk Apple lebih terjangkau bagi para konsumennya. Di sisi lain, para pesaing seperti perangkat Android berhasil melampaui Apple dengan menawarkan harga yang lebih terjangkau.

3. iOS yang terasa usang
apple

Dengan meningkatnya popularitas Android serta adanya Windows Phone 8, sistem operasi iOS yang dimiliki oleh Apple terasa membosankan. Di saat yang sama, rasanya sulit bagi Apple untuk dapat mengubah iOS tanpa menimbulkan kekecewaan dari para pengguna setianya. Harapan mendatang adalah agar sistem operasi yang dimiliki iPhone akan kembali merevolusi dunia ponsel seperti dulu kembali.

4. Apple tidak lagi menarik

Dengan munculnya Android dan Windows Phone, Apple menjadi kurang menarik minat para konsumen, khususnya remaja. Apalagi iPhone kini lebih banyak digunakan oleh orang dewasa. Kini, para remaja akhirnya berpindah hati dan beralih ke perangkat Android dan Windows Phone. Salah satu faktor yang berpengaruh adalah karena Android dan WP punya tampilan antarmuka yang lebih menarik dan sering diperbarui.

5. Kalah dari Samsung-Android

Dengan meningkatnya popularitas dari perusahaan asal Korea tersebut, Apple rasanya seperti semakin menurun. Apalagi sekarang di media massa banyak dijumpai berita dan informasi mengenai beragam perangkat buatan Samsung yang diperkuat oleh Android. Samsung sering tampil di media karena punya inovasi-inovasi baru dalam banyak produknya, sementara Apple masih berkutat dengan produk yang cenderung lebih homogen.

6. Apple kehilangan pesona

Akhir-akhir ini, Apple mulai kehilangan pesonanya, tidak seperti dulu lagi. Sebelumnya, ketika munculnya iPhone serta iPad generasi baru, para konsumen dari seluruh dunia tak sabar berharap dan menunggu-nunggu kehadirannya. Namun, kini gairah para konsumen sudah tidak seperti dulu lagi. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya inovasi yang ditawarkan. Inovasi seperti Siri dan Apple Maps malah berujung blunder karena tidak berfungsi secara maksimal.

Itulah enam hal yang menyiratkan kemunduran Apple. Di tengah semakin ketatnya persaingan di dunia perangkat mobil digital, Apple harus mampu menghadirkan inovasi baru dalam kreasinya agar bisa tetap bertahan, atau bahkan meninggalkan saingan-saingannya. (CT)

Comment di sini