Aceh Diguncang Gempa 6 SR, 1 Orang Meninggal

by
January 22nd, 2013 at 10:05 am

Gempa Bumi AcehJakarta (CiriCara.com) – Gempa berkekuatan 6 skala richter (SR) mengguncang wilayah Kota Banda Aceh, Selasa (22/1/2013) sekitar pukul 05.22 WIB. Gempa mengakibatkan sejumlah bangunan roboh dan menyebabkan satu orang meninggal.

Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho menurutkan ada 1 korban meninggal dunia dan 7 orang lainnya mengalami luka-luka. Korban terkena reruntuhan bangunan yang roboh akibat gempa pagi ini.

“Korban meninggal atas nama Tuti (8 tahun, perempuan) warga Desa Mane, Kecamatan Mane, Kebupaten Pidie,” ujar Sutopo, seperti dikutip dari Merdeka.com, Selasa (22/1/2013). Sejumlah rumah di desa Bangkeh, Pulo Lhok, dan Mane Kecamatan Geumpang Kabupaten Pidie memang banyak yang rusak.

Berikut adalah daftar korban luka-luka akibat gempa 6 SR di Aceh, Selasa (22/1/2013):
1. Nasrin (30 tahun, laki-laki), alamat Desa Trucut, Kecamatan Mane.
2. Ainsyah (35 tahun, perempuan), alamat Desa Pulo Loh, Kecamatan Geumpang
3. Ita Darmi (35 tahun, perempuan), alamat Desa Pulo Loh, Kecamatan Geumpang
4. Rahil (3 tahun, laki-laki), alamat Desa Pulo Loh, Kecamatan Geumpang
5. Tarapa (27 tahun, laki-laki), alamat Desa Pulo Loh, Kecamatan Geumpang
6. Saripa Ahmat (65 tahun, laki-laki) alamat Desa Leupu, Kecamatan Geumpang
7. Samsah (65 tahun, perempuan), alamat Desa Pulo Loh, Kecamatan Geumpang

Menurut Sutopo, para korban luka sudah dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan medis. Sementara untuk korban meninggal akan segera dimakamkan oleh pihak keluarga pada hari ini.

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa terjadi di 15 km barat daya Kota Banda Aceh, 35 km barat laut Aceh Besar, 36 km barat daya Sabang-NAD, 9 km barat daya Banda Aceh NAD, 1824 km barat laut Jakarta.

Gempa bumi berkekuatan 6 SR tersebut tidak menimbulkan bahaya ancaman tsunami. Namun, gempa yang terjadi pada pagi ini mengakibatkan kepanikan sejumlah warga Kota Banda Aceh.

(YG)

Comment di sini