CiriCara: Cara Cerdas Membersihkan Rumah Pasca Banjir

by
January 22nd, 2013 at 3:11 pm

rumah terendam banjirCiriCara.comBanjir merupakan salah satu bencana yang tidak bisa diprediksikan oleh siapapun. Bencana alam, seperti banjir itu tentunya merugikan orang banyak. Seseorang bisa kehilangan harta bendanya akibat banjir. Selain itu, kerugian lain yang didapat adalah terancamnya kesehatan.

Beberapa gangguan kesehatan atau penyakit bisa muncul setelah terjadinya banjir. Untuk itu, Anda disarankan agar tetap menjaga kondisi tubuh dan kebersihan rumah dengan baik. Saat terjadi banjir, tak sedikit pemukiman yang terendam banjir dan mengharuskan mereka untuk mengungsi.

Setelah banjir mulai surut, mereka pun akan kembali ke rumahnya. Sebelum menempatinya lagi, tentunya mereka harus membersihkan sisa-sisa lumpur dan sampah. Untuk membersihkannya diperlukan kerja keras yang tentunya cukup menguras tenaga. Lantas, bagaimana cara membersihkan rumah yang benar pasca banjir?

Dicuplik dari Floodsafety.com, berikut cara yang bisa Anda lakukan:

1. Menggunakan air bersih

Saat genangan air memasuki rumah Anda, tentunya lumpur juga akan ikut masuk. Lumpur yang masuk ke dalam rumah itu harus segera dibersihkan dengan air bersih. Agar tidak begitu menguras tenaga, Anmda bisa menggunakan selang panjang untuk menyapu lumpur keluar dari rumah.

peralatan untuk membersihkan rumah

Shutterstock.com

2. Menggunakan disinfektan

Setelah dibersihkan dengan air, mungkin rumah nampak bersih. Tapi, jangan hanya melakukan hal tersebut karena masih banyak kuman yang bersarang di lantai, dinding, atau sela-sela perabotan rumah tangga Anda. Untuk itu Anda harus segera membersihkannya dengan menggunakan 1/4 cangkir klorin yang dicampurkan dengan satu galon air. Gunakan larutan ini untuk membersihkan tiap permukaan dengan cara menggosoknya.

Untuk peralatan dapur yang terbuat dari kaca, porselen, atau plastik bisa direndam selama 10 menit dengan menggunakan 2 sendok makan klorin yang dicampur dengan 1 galon air panas. Sementara untuk peralatan yang terbuat dari logam, perak, panci, dan wajan bisa Anda rebus saja selama 10 menit.

3. Keringkan barang lembap

Mungkin tak semua barang-barang di rumah Anda terendam banjir. Walaupun tak semua terendam banjir, tapi perlengkapan lain, seperti handuk, pakaian, dan selimut biasanya akan lembap dan terkontaminasi oleh bakteri. Untuk itu, Anda harus segera mencucinya dengan menggunakan air panas dan jemur hingga kering. Sementara untuk karpet, Anda bisa menggunakan larutan disinfektan sebanyak 2 sendok makan dan keringkan karpet dengan cara menggantungkannya.

4. Menyingkirkan jamur

Pasca banjir, biasanya jamur akan terlihat pada dinding-dinding rumah Anda. Hal tersebut disebebkan karena dinding terendam oleh air yang tercemar. Untuk itu, Anda harus segera membersihkannya dengan kain basah atau spon yang telah diberi cairan pembunuh kuman atau jamur. Dengan begitu, jamur yang menempel bisa hilang seketika.

Itulah cara cerdas membersihkan rumah pasca banjir. Rumah yang terendam banjir itu harus segera dibersihkan dengan cara yang benar. Sebelum Anda menempatinya kembali, pastikan kondisi rumah dan perabotan rumah tangga bersih dari kuman. Dengan begitu, Anda juga dijauhkan dari berbagai penyakit pasca banjir. (NR)

Comment di sini