CiriCara: Cara Membaca Pesan BBM Tanpa Ketahuan Si Pengirim

by
January 22nd, 2013 at 4:53 pm

Cara Membaca BBM tanpa ketahuan si pengirim pesan CiriCara.com – Baik para pengguna BlackBerry maupun bukan pengguna, tentu mengenal istilah BBM atau kepanjangan dari BlackBerry Messenger. Smartphone produksi RIM ini memang menjadi populer berkat fitur BBM tersebut.

Di Indonesia, mayoritas pengguna BlackBerry hanya mengoptimalkan penggunaan BBM saja. Akan tetapi, pesan yang dikirim melalui BBM memiliki kelebihannya sendiri, yaitu: si pengirim akan mengetahui apakah pesannya tersebut sudah terkirim dan dibaca oleh si penerima atau belum.

Tak jarang para pengguna BlackBerry bertengkar dengan kekasihnya ataupun sahabatnya, hanya karena pesan BBM-nya yang tidak dibalas meski sudah dibaca.

Nah, untuk menghindari kesalah-pahaman seperti itu, berikut cara membaca pesan BBM tanpa diketahui si pengirim. Dengan kata lain, meski kamu sudah membaca pesan BBM tapi notifikasi R sebagai petunjuk sudah dibaca, tidak terkirim pada si pengirim pesan BBM.

Caranya adalah:

- Bukalah menu “BlackBerry Messenger” di BB kamu terlebih dahulu.
- Setelah masuk pada daftar kontak BBM kamu, tekanlah tombol “Menu”
- Pilihlah “Options”, kemudian klik “Save Chat History”. Setelah itu, ubahlah pilihan “Never” menjadi  “Mediacard”.
- Setelah selesai, tekanlah tombol “Kembali” atau “back”.

Cara membaca BBM tapi si pengirim tidak tahu

Untuk mengujinya, mintalah teman dekat kamu mengirim pesan BBM kepadamu. Tapi, jangan langsung membuka pesan BBM tersebut.

Setelah menunggu beberapa saat, bukalah “Menu BlackBerry Messenger” kamu, kamu akan melihat pesan dari temanmu itu sebagai pesan yang belum terbaca. Arahkan trackpad/trackball ke pesan tersebut, kemudian klik “Menu”, dan pilih “View Chat History”.

Dengan melihat tanggal terakhir dari pesan yang dikirim temanmu, maka pesan BBM yang baru saja dikirimnya itu sudah kamu baca tetapi notifikasi “R (Read)” tidak terkirim ke si pengirim.

Sebenarnya, cara yang dijelaskan di atas membuat kamu membaca pesan BBM dari history BBM kamu, makanya kamu perlu menunggu beberapa saat dan tidak boleh langsung membuka pesan BBM yang baru saja kamu terima, supaya pesan tersebut masuk menjadi “history” dalam window chat BBM kamu terlebih dahulu.

Semoga informasi ini dapat kamu praktikkan. (yk)

Comment di sini