CiriCara: Cara Mengatasi Cinta yang Tak Direstui

by
January 22nd, 2013 at 2:06 pm

CiriCara.com – Berpacaran dengan orang yang dicintai tentunya membuat hati senang dan ingin terus berada di sampingnya. Dengan ada kehadirannya, hidup kamu juga jadi lebih berwarna. Kamu dan si dia sudah sama-sama cocok dan nyaman menjalani kisah asmara ini. Tapi, ada salah satu hal yang jadi penghalang yaitu tak mendapatkan restu dari orangtua.

Thinkstockphotos.com

Thinkstockphotos.com

Orangtua tidak setuju jika kamu berpacaran dengan si dia. Orangtua mengatakan bahwa si dia bukanlah orang yang tepat atau pantas untuk kamu. Mendengar perkataannya itu jadi membuat kamu ‘galau’ dan marah pada mereka. Namun, jangan marah atau kesal dahulu kepadanya. Kamu harus bisa mengatasinya dengan cara yang cerdas.

Selain itu, kamu juga harus berpikir panjang dan jangan mementingkan diri sendiri saja. Cobalah pikirkan apa yang dikatakan orangtua dan lihatlah sisi baik dan buruk si pacar. Dengan begitu, mungkin kamu bisa memutuskan solusi apa yang terbaik untuk diri sendiri.

Bukan hanya melakukan hal itu saja, tapi masih ada cara lain untuk mengatasi jika hubungan asmara tak direstui orangtua. Apa saja? Inilah cara mengatasi hubungan asmara yang tak direstui orangtua:

1. Mencari tahu alasan orangtua

Sebelum mengambil keputusan yang tepat, kamu perlu mencari tahu dahulu alasan orangtua kenapa tak menyukai si pacar. Tanyakan dengan sopan kenapa mereka tak menyukainya. Mungkin saja karena usianya berbeda jauh atau perilakunya yang terlalu dekat dengan kamu. Mendengar alasan dari mereka, sebaiknya kamu tampung terlebih dahulu.

2. Bertanya pada teman

Mintalah pendapat mereka tentang si pacar. Jika ada sesuatu perkataan mereka yang kurang enak di dengar mengenai si pacar, maka jangan berdebat dahulu. Kamu harus mendengarkan apa yang mereka sampaikan tentang si pacar. Jika mereka memiliki pendapat yang sama dengan orangtua kamu, maka bisa diartikan bahwa hubungan asmara untuk ke depannya tidak akan berjalan mulus.

cinta tak direstui

3. Melakukan evaluasi masalah

Setelah menampung pendapat dari oragtua dan teman-teman, kamu harus bisa mengevaluai. Tanyakan pada diri kamu, apakah akan tetap melanjutkan hubungan asmara atau tidak. Saat melalukan evaluasi ini, kamu disarankan untuk tidak mementingkan diri sendiri saja. Mencintai si dia sepenuh hati boleh-boleh saja, tapi jangan sampai membuat orang yang kamu sayangi lainnya merasa tersakiti.

4. Mengevaluasi hubungan asmara kalian

Kamu harus memastikan kenapa menyukainya atau mempertahankannya. Apakah karena si dia cinta pertama kamu?, apakah kamu dipaksa berpacaran oleh teman-teman?, apakah berpacaran dengannya bisa membuatmu selalu bahagia?, apakah si dia merupakan sosok yang akan menjadi pendamping hidupmu kelak?, dan pertanyaan lainnya. Jika menemukan banyak nilai positif saat menjalin kisah asmara ini, maka kamu perlu mempertahankannya. Jika tidak, maka turuti apa perkataan orangtua dan teman-temanmu.

5. Mengevaluasi sikap si dia

Selain mengevaluasi masalah dan hubungan asmara, kamu juga perlu mengevaluasi sikap si dia. Perhatikan sikap yang ditunjukkan kepada kamu. Apakah kamu diperlakukan dengan hormat?, apakah dia sering berperilaku kasar? Jika jawabannya tidak, maka Anda bisa mempertahankan hubungan asmara saat ini.

Itulah cara mengatasi cinta yang tak direstui oleh orangtua. Alangkah baiknya untuk memikirkan secara matang-matang dahulu untuk melanjutkan hubungan atau tidak. Jika banyak nilai positif yang kamu dapat dari si dia, maka tak ada salahnya untuk meyakini orangtua agar hubungan bisa direstui. (NR)

Comment di sini