CiriCara: Cara Sehat Menggunakan Laptop

by
January 22nd, 2013 at 12:02 pm

cara sehat menggunakan laptopCiriCara.com – Berjam-jam dan terlalu sering menggunakan laptop bisa membuat leher nyeri dan merusak penglihatan. Laptop memang menjadi sebuah kebutuhan seseorang untuk menyelesaikan segala pekerjaannya. Tapi, sangat tidak baik bagi kesehatan jika terlalu lama berada di depan layar laptop dalam sehari.

Anda disarankan untuk duduk bekerja di depan laptop hanya 8 jam per harinya. Jika lebih dari itu, maka akan mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Bukan hanya itu saja, Anda juga disarankan agar sesekali mengistirahatkan mata dan tubuh sejenak saat berada di depan layar laptop.

Ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan agar tetap sehat saat menggunakan laptop. Apa saja? Dilansir Lovepanky.com, inilah 5 cara sehat memakai laptop:

1. Posisi laptop

Posisi laptop harus sejajar dengan sudut pandang Anda. Tujuannya adalah untuk menghindari kelelahan pada otot leher dan mata. Jika posisi laptop dan Anda tidak sejajar, maka otot leher dan mata akan cepat terasa lelah. Selain itu, posisi laptop yang sejajar dengan sudut pandang Anda juga tidak membuat tubuh bungkuk.

posisi yang tepat saat berada di depan layar monitor

2. Layar besar

Memakai laptop yang memiliki layar lebih besar membantu Anda menghindari stres. Laptop yang ukurannya kecil terkadang membuat Anda kesulitan untuk melihat teks atau gambar sehingga bisa membuat Anda stres. Untuk itu, pilihlah laptop yang agak besar. Laptop besar juga memiliki keyboard yang besar dan membuat jari-jari Anda tidak cepat lelah dan kaku.

3. Menggunakan mouse

Jika sedang memakai laptop, maka alangkah baiknya menggunakan mouse. Dengan menggunakan mouse terpisah, Anda bisa menggerakkan pergelangan tangan dengan lebih mudah. Menggunakan mouse juga bisa menjauhkan Anda dari cedera pergelangan tangan.

4. Beristirahat sejenak

Berada di depan layar laptop selama berjam-jam bisa merusak penglihatan Anda. Untuk itu, beristirahatlah sejenak setiap 2 jam sekali. Dengan beristirahat sejenak, Anda bisa mengurangi ketegangan pada otot sandi. Selain itu, kesehatan mata dan tubuh Anda pun tetap terjaga.

5. Berbaring

Saat beristirahat sejenak, Anda perlu membaringkan tubuh. Berbaringlah lurus untuk menghilangkan ketegangan pada otot leher dan punggung. Biarkan tubuh Anda berbaring sejenak dan mengendurkan otot-otot yang tegang, termasuk otot mata. Ketahuilah bahwa mata Anda juga butuh beristirahat agar tetap sehat.

Itulah cara sehat memakai laptop. Terapkanlah cara di atas saat menggunakan laptop selama berjam-jam. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari beberapa keluhan penyakit akibat terlalu lama berada di depan layar laptop. (NR)

Comment di sini