CiriCara: Ciri-ciri Orang yang Terlilit Utang

by
January 22nd, 2013 at 9:11 am

terlilit utangCiriCara.com – Utang mungkin dimiliki oleh sebagian besar orang untuk tetap bisa menjalani kehidupannya. Dengan berutang, seseorang akan bisa memiliki rumah, kendaraan, membayar uang pangkal sekolah, menikah, merenovasi rumah, membeli gadget, dan barang-barang mewah lainnya.

Menggunakan sistem kredit dan utang, tentunya bisa membuat Anda mewujudkan semua keinginan atau kebutuhan tersebut. Namun, Anda harus tetap berhati-hati. Jangan sampai utang itu menumpuk dan berujung pada masalah keuangan yang lebih serius.

Jika Anda mampu membayar tagihan kredit, maka bukan berarti terbebas dari segala masalah. Selain itu, mampu menyesuaikan tagihan ke dalam anggaran juga bukan berarti keuangan Anda sehat. Ketahuilah bahwa uang yang digunakan untuk membayar utang itu, membuat Anda jadi tak bisa mempergunakannya untuk kepentingan masa depan.

Padahal, penghasilan yang Anda miliki saat ini seharusnya bisa dipergunakan untuk merencanakan masa depan. Misalnya, ditabung untuk meneruskan jenjang sekolah yang lebih tinggi, membeli rumah mewah, membiayai sekolah anak, dan lain sebagainya. Jika sebagian uang itu ditabung dan Anda tak memiliki utang, maka masalah keuangan yak akan menghampiri.

Namun, tak banyak orang menyadari bahwa dirinya sudah memiliki banyak utang. Dilansir Kompas.com, berikut ciri-ciri orang yang terlilit utang dalam hidupnya:

1. Tak memiliki tabungan

Penghasilan yang didapat hanya untuk memenuhi kebutuhannya dan untuk membayar utang saja. Tak ada uang sama sekali di rekening tabungannya. Jika sudah begitu, maka bisa diartikan bahwa Anda termasuk orang yang terlilit oleh utang.

berutang

2. Melakukan pembayaran minimun pada tagihan

Utang bisa dibayarnya, tapi hanya melakukan pembayaran minimum pada setuap bulan. Hal tersebut mengartikan bahwa hidup Anda memang sudah terlilit utang.

3. Terus memakai kartu kredit

Mungkin Anda memiliki niat untuk melunasi utang tersebut. Tapi, kartu kredit masih saja Anda pergunakan untuk menutupi tagihan-tagihan lain. Apakah Anda termasuk orang yang seperti itu? Jika iya, maka Anda termasuk orang yang sudah terlilit utang dalam hidupnya.

4. Melebihi batas kredit

Mungkin Anda termasuk orang yang memiliki banyak kartu kredit. Tapi, apakah pernah memakai kartu kredit tersebut melebihi batas kreditnya? Jika iya, maka sudah dipastikan bahwa Anda hidup Anda terlilit utang.

5. Terlat melakukan pembayaran

Terkadang, Anda terlambat membayar tagihan kartu kredit atau tagihan lainnya pada setiap bulannya. Hal tersebut menandakan bahwa hidup Anda sudah terlilit utang sehingga sulit untuk melunasi tagihan-tagihan tersebut.

6. Tak mengetahui total utang

Orang yang hidupnya terlilit utang tak akan mengetahui berapa jumlah uang yang dipinjamnya. Hal tersebut dikarenakan dirinya sudah terlalu banyak memiliki utang.

7. Menggunakan kartu kredit untuk membayar tagihan lain

Ketika seseorang kesulitan untuk membayar tagihan lainnya, seperti tagihan kredit rumah, mobil, dan lain sebagainya. Mungkin untuk membayarnya akan menggunakan kartu kredit. Jika sudah begitu, maka bisa diartikan bahwa hidup Anda terlilit utang.

8. Mengajukan utang ke bank

Ciri terakhir jika seseorang terlilit utang dalam hidupnya yaitu mengajukan utang ke bank, tapi permohonannya di tolak. Pernahkah Anda mengalami hal seperti itu?

Itulah ciri-ciri orang yang terlilit utang. Jika salah satu ciri tersebut terjadi pada Anda, maka saatnya mengambil tindakan untuk memperbaiki kondisi keuangan. Melunasi semua utang yang dimiliki memang membutuhkan kerja keras. Tapi, semakin cepat Anda melunasinya, semakin cepat pula hidup Anda terbebas dari hutang. Menunda hanya akan memperburuk keadaan saja. Kini, saatnya melakukan perubahan demi masa depan Anda. Jika tak bisa menyelesaikannya sendiri, maka mintalah saran dari orang-orang terdekat atau meminta bantuan ahli. (NR)

Comment di sini