Mesin Pencari “Graph Search“ Facebook Ungguli Google

by
January 22nd, 2013 at 9:17 am

graph searchCiriCara.com – Graph Search baru diperkenalkan oleh Facebook pada Selasa tanggal 15 Januari 2013. Mesin pencari ini diklaim dapat menyediakan informasi secara spesifik sesuai dengan kriteria yang diminta oleh pengguna.

Dalam hal ini, Graph Search berhasil mengungguli Google, Yahoo, dan mesin pencari lainnya karena dapat menemukan hal-hal yang tak dapat dicari oleh mesin-mesin pencari tersebut. Lalu apa saja yang bisa kita cari lewat Graph Search?

1. Teman jalan

Jika Anda kebingungan cari teman untuk jalan-jalan ke suatu kafe, mal, atau bahkan pantai, Graph Search dapat digunakan untuk mencari teman yang memiliki tujuan sama.

 2. Pacar

Melalui Graph Search Anda juga dapat mencoba menemukan jodoh. Caranya, gunakan kata kunci tertentu sesuai dengan keinginan Anda. Misalnya Anda mengharapkan memiliki pacar dengan hobi tertentu, maka Anda dapat menentukan kata kunci seperti “ wanita lajang yang suka membaca buku”.

3. Foto-foto jadul

Graph Search juga menyediakan layanan pencarian berbagai foto baik dari masa lalu hingga saat ini. Anda dapat mencarinya dengan cara menentukan periode-periode tertentu seperti “foto kota Bogor tahun 1970” atau yang lainnya.

4. Rekomendasi

Anda dapat mencari film atau lagu yang disarankan oleh kawan Anda dengan menentukan kata kunci seperti “film yang direkomendasikan oleh teman”, “lagu yang paling populer”. Bahkan untuk hal yang lebih spesifik dan darurat seperti “dokter kandungan yang direkomendasikan”, Anda juga bisa menggunakan Graph Search.

5. Info tentang diri sendiri

Sejarah tentang pengguna juga dapat Anda telusuri melalui Graph Search dengan mudah seperti aktivitas yang dilakukan di Facebook selama ini, foto yang pernah dikomentari ataupun disukai dan lain sebagainya.

6. Pegawai baru

Graph Search juga tidak menutup kesempatan kepada pengguna yang ingin merekrut karyawan baru untuk usahanya. Caranya, Anda dapat menentukan kata kunci seperti “lulusan UI tahun 2012”, dan lain-lain. Anda dapat mencarinya dengan menentukan kata kunci sesuka Anda.

7. Cari acak

Bila Anda sedang bosan atau bingung apa yang sedang Anda cari, Anda dapat memilih pilihan discover something new. Banyak pilihan hasil pencarian acak yang direkomendasikan oleh Facebook sendiri lewat fitur tersebut.

Selanjutnya Facebook berencana akan mengindeks tautan dan postingan yang dibagikan oleh para pengguna serta berbagai acara tertentu.

Selain itu, pencarian tidak terbatas hanya pada orang-orang yang berteman dengan Anda saja, melainkan lebih luas. Namun, hasil pencarian yang diberikan oleh tiap pengguna berbeda karena hubungan pertemanan masing-masing orang juga berbeda.

Saat ini, Graph Search masih berada dalam tahap uji coba atau tahap Beta. Hanya orang yang terpilih saja yang bisa menggunakannya. Kritik dan saran dari pengguna terpilih ini akan digunakan untuk meningkatkan kemampuan Graph Search sebelum dilepas secara umum.  Dengan fitur-fitur baru yang sudah diperbaiki, Google terancam kehilangan tahtanya sebagai mesin pencari terpopuler saat ini. (CT)

Comment di sini