Pengguna iPhone Bisa Telepon Gratis Lewat Facebook Messenger

by
January 22nd, 2013 at 10:33 am

telepon gratis facebookCiriCara.com - Biasanya jika akan menelepon, kita harus menekan nomor tujuan di ponsel atau pesawat telepon sebelum berkomunikasi  dengan lawan bicara. Kini, aktivitas menelepon dibuat mudah melalui kehadiran fitur baru di Facebook Messenger untuk iPhone.

Facebook yang biasanya kita gunakan untuk membagikan status,  foto, mengomentari sebuah status, mengobrol dengan teman, menyukai status atau foto yang dibagikan oleh orang lain kini juga dapat digunakan untuk melakukan panggilan telepon seperti halnya kita melakukan panggilan telepon melalui ponsel pribadi kita.

Sebagai situs jejaring sosial terpopuler di dunia, hasil karya Mark Zuckerberg ini punya pembaruan dalam teknologi aplikasi pesan instan Facebook Messenger yang terdapat pada iPhone. Dengan adanya pembaruan tersebut, pengguna dapat melakukan panggilan telepon hanya dengan melalui jaringan internet.

Pada aplikasi Facebook Messenger untuk iPhone, telah ditambahkan tombol baru agar pengguna dapat melakukan panggilan telepon melalui VoIP atau Voice Over Internet Protocol.

Untuk melakukan panggilan telepon, ternyata caranya tidak terlalu sulit. Anda tinggal mengeklik profil teman pada aplikasi Facebook Messenger seperti akan mengirim pesan instan, lalu tekanlah tombol “i” yang terletak di kanan atas. Sesudahnya Anda tinggal menekan tombol “Free Call”.

Dengan menggunakan layanan data ataupun WiFi, para pengguna iPhone bisa melakukan panggilan telepon tersebut sama seperti panggilan telepon biasanya. Kemudian, para penerima akan menerima pemberitahuan panggilan telepon masuk dari aplikasi Facebook Messenger tersebut.

Sebelum Facebook Messenger, Kakao Talk dan Line sudah menawarkan layanan panggilan telepon melalaui VoIP . Selain itu, BlackBerry Messenger 7 untuk BB OS 7 dan BB OS 6 juga dapat melakukan hal serupa. Hanya saja aplikasi tersebut baru dapat dilakukan jika menggunakan jaringan WiFi.

Tapi sayangnya layanan telepon gratis Facebook Messenger untuk pengguna iPhone tersebut baru disediakan di wilayah Amerika Serikat saja. Pengguna iPhone di Amerika Serikat juga belum bisa menelepon gratis ke luar Amerika Serikat. Sementara itu, pengembangan telepon gratis Facebook Messenger untuk ponsel Android masih belum jelas.

Facebook hadir dengan sejumlah inovasi akhir-akhir ini. Setelah sebelumnya dikabarkan akan memiliki ponsel khusus, Facebook merilis mesin pencari terbarunya yang diberi titel Search Graph pada Selasa, 15 Januari 2013.

Search Graph diklaim lebih mumpuni ketimbang mesin pencari lain seperti Google, Yahoo, Bing, dan lainnya. Dengan Search Graph, pengguna bisa mencari hal yang lebih spesifik. Saat ini Search Graph baru tersedia dalam format beta karena masih dalam tahap penyempurnaan. Hanya orang-orang tertentu yang memperoleh akses untuk mencoba fitur baru Facebook ini. (CT)

Comment di sini