Tiru Android, BlackBerry 10 Bakal Bisa Dipakai Produsen Selain RIM?

by
January 22nd, 2013 at 3:15 pm

CiriCara.com – Menjelang peluncuran BlackBerry 10 pada 30 Januari 2013 mendatang, Research In Motion, vendor pembuat BlackBerry asal Kanada kembali menimbang usulan aliansi dengan perusahaan teknologi lainnya.

Usulan ini mengarah pada pemberian lisensi atas sistem operasi BlackBerry 10 dan pembuatan handset BlackBerry oleh perusahaan lain di luar RIM.

PC World

PC World

Dikutip dari Kompas.com, pemikiran tersebut diungkapkan oleh CEO dari RIM, Thorsten Heins. Simpang siur kabar ini diperkirakan akan menjadi jelas setelah sistem operasi BlackBerry dirilis pada 30 Januari 2013 mendatang.

“Yang paling utama untuk saat ini adalah kami ingin berhasil memperkenalkan BlackBerry 10. Kita akan lihat di kemudian hari,” kata Heins kepada harian Die Welt asal Jerman, seperti dikutip dari Reuters oleh Kompas.com Selasa, 22 Januari 2013.

Apabila isu penjualan lisensi ini benar, tentu saja layanan BlackBerry Messenger (BBM) tidak hanya digunakan secara eksklusif oleh handset buatan dari RIM.

Sebelumnya, BlackBerry 10 diisukan dapat mencerahkan masa depan RIM dalam bisnis smartphone global yang sekarang tengah didominasi oleh Android dan iOS.

Untuk menyaingi rival-rivalnya, BlackBerry 10 akan dirubah secara signifikan. RIM menjamin tampilan yang lebih bagus dan performa yang lebih mulus dibandingkan produk terdahulu.

Yang pasti, sistem operasi BlackBerry 1-0 dibangung di atas kernel QNX. Kernel ini dipakai dalam industri otomotif, pembangkit nuklir, dan juga pesawat militer.

QNX Sofware Systems telah dibeli oleh RIM dari Harman International Industries Inc. pada 2010 lalu sebesar USD 200 juta.

Rumornya, BlackBerry 10 akan hadir dalam model layar sentuh penuh dan model QWERTY. Harga yang ditawarkan oleh vendor asal Kanada ini juga beragam mulai dari harga terendah hingga termahal.

Dengan adanya keunggulan tersebut, BlackBerry 10 dipercaya akan dapat menyelamatkan masa depan RIM yang berada di ambang kebangkrutan. (RN)

Comment di sini