10 Lokasi Bawah Tanah yang Menakjubkan

by
January 23rd, 2013 at 2:03 pm

CiriCara.com – Kita tahu bahwa ketika masa perang, baik itu Perang Dunia I maupun Perang Dunia II, banyak sekali bungker-bungker yang dibuat dengan tujuan untuk dipergunakan sebagai tempat persembunyian. Bahkan, beberapa dongeng zaman dahulu kala juga menceritakan bahwa adanya kehidupan di bawah tanah dan beberapa komunitas yang hidupnya di rumah bawah tanah. Rupanya, lokasi bawah tanah yang ada sejak zaman dahulu, ada pula yang masih tetap bertahan hingga zaman sekarang. Dilansir dari Listverse.com, ada 10 lokasi bawah tanah yang sangat menarik, yaitu sebagai berikut:

1. Tambang Garam Wieliczka, Polandia

Tambang Garam Wieliczka, Polandia

Kota bawah tanah ini berlokasi di sebelah selatan Polandia, dan sudah didirikan sejak abad ke-13. Sebenarnya, ini adalah tambang garam yang sangat luas dengan ukuran panjangnya mencapai 300 km. Hingga tahun 2007, garam masih dapat ditemukan melalui tambang ini, sehingga tambang garam Wieliczka menjadi tambang garam terlama yang pernah ada di sepanjang catatan sejarah. Pada masa PD II, tambang ini digunakan oleh Jerman sebagai tempat untuk membuat senjata dan amunisi lainnya. Kini, tambang garam Wieliczka menjadi kompleks bawah tanah, tempat untuk penyimpanan patung-patung, kapel-kapel Katolik, gereja Katedral, dan sebagainya. Dengan pemandangan danau bawah tanah yang juga ada di tambang ini, jutaan wisatawan asing meramaikan tempat ini setiap tahunnya.

2. Setenil de las Bodegas, Spanyol

Setenil de las Bodegas, Spanyol

Kota ini dibangun menempel pada dinding salah satu pegunungan di Spanyol, dan sudah ada sekitar 3.000 rumah yang didirikan di sekitar dinding tebing tersebut. Dengan ukiran yang indah, tempat ini memang layak dikunjungi oleh para wisatawan, sebab katanya kota ini pun pernah digunakan sebagai Kekaisaran Romawi kuno.

3. Portland, Oregon

Portland, Oregon_Shanghai Tunnel

Shanghai Tunnel merupakan sebuah terowongan bawah tanah yang sangat terkenal di Portland, Oregon, AS. Terowongan ini terletak persis di bawah Chinatown, salah satu kota terbesar di wilayah Pacific Northwest, AS. Dengan adanya terowongan bawah tanah raksasa yang sering digunakan untuk mengangkut barang ini, Portland sempat menjadi tempat terburuk di sepanjang pesisir pantai barat Amerika. Selain itu, terowongan ini pun dicurigai telah menjadi sarang aktivitas ilegal.

4. Kish, Iran

Kish Underground city_Iran

Kish adalah salah satu kota besar di Iran. Tahukah kamu kalau di bawah kota terkenal Iran ini, ada sebuah kota bawah tanah misterius namun menakjubkan. Anehnya, kota bawah tanah ini tidak memiliki nama khusus, tapi diketahui sudah ada sejak 2.500 tahun silam. Namun, karena nilai misterius kota bawah tanah ini mengundang rasa ingin tahu para turis, maka kota itu direnovasi dan direncanakan akan dijadikan tujuan pariwisata modern untuk kedepannya.

5. Moose Jaw, Kanada

Moose Jaw, Kanada

Kota bawah tanah Moose Jaw terletak di bawah kota Saskatchewan, Kanada. Pasalnya, musim dingin di kota tersebut berlangsung sangat lama, sehingga tidak heran kalau banyak terowongan bawah tanah dibangun, untuk menghangatkan warganya. Akan tetapi, dalam periode waktu yang cukup lama, terowongan ini malah disalah-gunakan seperti sarangnya para mafia, pembuat minuman keras, perjudian dan lain sebagainya.

6. Coober Pedy, Australia

Coober Pedy, Australia

Kota bawah tanah di Australia ini masih ada hingga sekarang ini, dan sudah terdapat 1.600 penduduk di dalamnya. Kota ini telah dibangun pertama kali pada tahun 1915. Seiring berjalannya waktu, kota yang tadinya adalah penghasil batu permata ini, kemudian dilengkapi dengan toko-toko, gereja, bahkan pub.

7. Piramida Raksasa Giza

Piramida Giza

Kota di bawah Piramida Giza disebut juga sebagai Kota Tuhan (City of the Gods). Kota bawah tanah di Piramida Giza ini menunjukkan kota kuno bersejarah yang masih berdiri. Pada tahun 1978, para peneliti mulai menggambarkan peta untuk kompleks bawah tanah yang masih penuh dengan misteri ini.

8. Kota raksasa, China

Kota raksasa_Beijing

Mulai dari tahun 1969 hingga puluhan tahun berikutnya, Mao Zedong memerintahkan untuk membuat tempat perlindungan darurat bagi sosialis pemerintahannya. Tepat di bawah kota Beijing, membentang sebuah terowongan sepanjang 30 km yang disebut Kota Raksasa (Giant City). Giant City ini dibangun ketika perang perbatasan Sino-Soviet. Di dalamnya, dibuat pula pertokoan, restoran, sekolah, bahkan arena untuk bersepatu roda. Dan pada tahun 2000 lalu, Giant City ini baru resmi dibuka untuk tujuan pariwisata.

9. Cappadocia, Turki

Cappadocia_Turki

Ini merupakan kota bawah tanah yang terkenal di Turki. Uniknya, kota bawah tanah ini memiliki 7 tingkat, dan ada sekitar ribuan rumah yang dibangun di dalamnya. Kota ini juga akrab disebut Derinkuyu. Dan di dalamnya terdapat toko-toko, gereja-gereja, tempat memproduksi minuman anggur, dan sekolah-sekolah.

10. Burlington, Inggris

Burlington

Burlington merupakan semacam bungker bawah tanah milik Inggris yang dibangun pada kisaran tahun 1950-an dengan tujuan untuk tempat berlindung pada perang nuklir. Burlington yang dibangun di bawah daerah pedesaan Inggris ini dapat menampung sekitar 4.000 anggota pemerintahan Inggris. Itulah kesepuluh lokasi bawah tanah yang menakjubkan dan disertai dengan catatan sejarah yang luar biasa pula. (yk) List Verse

Comment di sini