Banjir Jakarta 2013: Awas Banjir, Air Laut Pasang 24-26 Januari!

by
January 23rd, 2013 at 3:08 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Walau sejumlah wilayah banjir di Jakarta sudah mulai surut, namun hujan deras dan cuaca buruk masih akan datang mengingat puncak musim hujan untuk Jakarta dan sekitarnya belum datang.

VIVAnews

VIVAnews

Ditulis oleh Merdeka.com, menurut perkiraan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), air laut di wilayah utara Jakarta dikabarkan akan meningkat pada akhir bulan ini tepatnya tanggal 24 hingga 26 Januari 2013.

Bahkan air laut pasang tertinggi diperkirakan dapat mencapai 1 meter.

“Kami mengecek data pasang tertinggi pada tanggal 24 sampai tanggal 26 Januari ini setinggi 1 m. Hari ini juga pasang 0,94 cm,” kata Humas BNPB, Sutopo, di Kementerian Pekerjaan Umum, di Jakarta, Selasa, 22 Januari 2013 seperti dikutip oleh Merdeka.com.

Pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan BMKG akan terus memantau debit air yang masuk ke dalam sungai saat air laut diperkirakan pasang. Dengan langkah dini tersebut, potensi banjir diharapkan bisa diketahui lebih awal.

Sutopo juga melanjutkan bahwa hingga saat ini dirinya dan pihak terkait masih terus memantau perkembangan yang ada dengan cara menempatkan BPPT di daerah rawan hujan.

Pihak BNPB juga sedang bersiap-siap untuk menangani gelombang pasang tersebut dengan cara melakukan antisipasi terhadap kemungkinan banjir susulan.

Posko nasional yang akan dibentuk oleh BNPD ini akan berlangsung sampai Maret atau akhir musim hujan meskipun tanggap darurat bencana banjir hanya dilakukan sampai tanggal 27 Januari 2013 mendatang.

Banjir yang melanda wilayah Jakarta pada pekan lalu menerjang hampir seluruh wilayah Jakarta. Bahkan area sekitar Bundaran HI, Istana Negara, dan Kantor Gubernur DKI juga ikut terendam banjir.

Untuk mengantisipasi kejadian yang sama terulang kembali, berbagai pihak telah bekerja sama dalam menanggulangi permasalahan banjir yang mungkin terjadi. (RN)

Comment di sini