CiriCara: Cara Agar Motor Sport Tetap Aman Saat Terjang Banjir

by
January 23rd, 2013 at 2:54 pm

Ilustrasi Motor Sport KebanjiranJakarta (CiriCara.com) – Hujan yang tiba-tiba datang sering mengakibatkan banjir di sejumlah jalanan. Genangan air yang tinggi terkadang membuat banyak kendaraan seperti sepeda motor mengalami mogok. Tidak ingin mengalaminya?

Karena tidak ada pilihan lain, banyak pengendara motor yang nekat menerjang banjir dengan motor kesayangannya. Akibatnya, banyak sepeda motor yang harus didorong karena mogok akibat kemasukkan air.

Brahmantio, Manajer Sportisi Motorsport yang berlokasi di Jl Tenggiri, Rawamangun, Jakarta Timur, memberikan beberapa tips untuk Anda yang tidak ingin sepeda motornya mogok saat banjir. Simak tipsnya berikut ini:

1. Permainan gas dan kopling

Brahmantio menyarankan para pengguna motor sport untuk menahan gas pada gigi satu sambil memainkan kopling agar mesin tidak mati. Tujuannya adalah untuk menaikkan putaran mesin (rpm) sehingga mesin akan terus bergerak dan tidak mogok.

Resiko dari cara tersebut adalah kampas kopling akan lebih cepat habis. Itu artinya, Anda harus siap mengeluarkan uang untuk mengganti kampas kopling yang baru. “Biayanya lebih murah dibandingkan mesin mati di tengah jalan dan terjadi water hammer,” tutur Brahmantio.

2. Tindakan saat mesin mati (mogok)

Brahmantio menyarankan agar tidak langsung menghidupkan mesin sepeda motor yang mati akibat terendam banjir. Langkah aman yang tepat adalah membawa ke bengkel terdekat dan segera lakukan pembongkaran untuk membuang air dari mesin.

“Sambil diputar crank as pakai tangan, terus semprotkan angin (dari lubang busi), sampai gerakan piston lancar kembali. Kemudian oli dibuang, dan ganti dengan oli biasa untuk membilas. Putar pakai tangan selama 10-15 menit, lalu ganti oli lagi sekaligus filternya,” jelas Bram, seperti dikutip dari tribunnews.com.

Jika ketinggian air sudah melebihi tinggi mesin sepeda motor, lebih baik urungkan niat Anda untuk menerjang banjir tersebut. Anda bisa menggunakan jasa gerobak atau rakit untuk melewati banjir agar mesin motor tidak kemasukkan air.

(YG)

Comment di sini