CiriCara: Cara Menghadapi Teman yang Sirik Sama Kamu

by
January 23rd, 2013 at 1:40 pm

teman sirik sama kamuCiriCara.com – Sirik merupakan salah satu sikap yang sering kita jumpai dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Orang yang sirik bisa ditemukan di mana-mana, baik itu di lingkungan rumah, kantor, ataupun sekolah. Orang yang memiliki sifat sirik itu biasanya merasa tersaingi atau tak mampu untuk menjadi seperti orang lain.

Selain itu, orang yang sirik biasanya juga akan melakukan hal apa saja untuk menjatuhkan orang lain, mencari-cari kesalahan, mencari-cari informasi untuk dijadikan bahan ejekan, menyindir kekurangan, bahkan ikut mencampuri kehidupan orang lain. Lebih parahnya lagi, jika orang yang sirik itu ternyata teman kita sendiri.

Jika hal tersebut kejadian pada diri kamu, maka hubungan pertemanan itu bisa rusak dan kalian malah akan menjadi musuh. Saat mengetahui kalau ternyata teman sepemainan itu sirik, terkadang timbul rasa jengkel. Tapi, kamu juga tidak bisa untuk berpisah dengan si dia. Bagaimana tidak, teman kamu itu merupakan teman sejak kecil.

Ingin marah dan emosi saja rasanya tidak bisa karena memang sudah terlalu dekat. Untuk itu, ada beberapa cara menghadapi teman yang sirik itu. Apa saja? Berikut cara menghadapi teman yang sirik sama kamu:

1. Jangan curhat dengannya

berteman baik

Ketika kamu tahu kalau si dia sirik, jangan pernah lagi curhat padanya. Curhat pada si dia malah akan memberikan celah untuk menjatuhkan kamu. Tak mau kan kamu ditusuk dari belakang oleh si dia? Alangkah baiknya berbicara seperlunya saja dan kurangi intensitas bertemu dengannya.

2. Jangan dibawa emosi

Jika mengetahui kalau ada orang sirik dengan kita, maka biasanya akan ada perasaan emosi. Tapi, jangan langsung bertindak seperti itu karena hanya akan menguras tenaga kamu saja. Untuk menghadapi orang yang sirik itu diperlukan kesabaran. Jika ikut terbawa emosi, maka petanda kamu kalah dan bisa membuat si teman merasa senang.

3. Jangan meresponsnya

Jangan terlalu merespons si dia jika diajak bergosip. Jika Anda meresponsnya, maka bisa membuatnya tambah senang karena bisa memutar balikkan fakta. Untuk itu, kamu pura-pura tidak tahu saja dan biarkan dia yang lebih banyak berbicara. Ketahuilah bahwa diam itu bukan berarti kalah. Diam merupakan sebuah perlawanan. Untuk itu, kamu harus tetap tenang menghadapi teman yang satu itu.

4. Memberikan pujian untuknya

Cara lain untuk menghadapinya yaitu memberikan pujian untuknya. Sesekali kamu bisa memuji si dia agar membuatnya sedikit senang. Biasanya, orang yang sirik itu kurang percaya diri dengan penampilannya. Untuk itu, coba sesekali kamu puji penampilannya. Siapa tahu si dia jadi berubah pikiran dan tidak sirik lagi sama kamu.

Itulah cara menghadapi teman yang sirik pada kamu. Ketahuilah bahwa kejahatan itu tidak harus dilawan dengan kejahatan juga. Alangkah baiknya untuk tetap bersikap tenang jika ada seseorang yang menjatuhkan kita. (NR)