Daftar 15 Klub ISL Yang Dipecat PSSI

by
January 23rd, 2013 at 10:03 am

PSSIJakarta (CiriCara.com) – Organisasi sepakbola tertinggi di Indonesia, PSSI akhirnya memutuskan untuk menjatuhkan sanksi kepada 15 klub Liga Super Indonesia (ISL). Klub-klub tersebut dihukum karena tidak bersedia kembali ke yurisdiksi PSSI.

Deputi Sekretaris Jenderal PSSI Saleh Ismail Mukadar mengungkapkan bahwa ke-15 klub tersebut telah diberhentikan dari keanggotaan PSSI sampai kongres berikutnya. Keputusan tersebut diambil sesuai dengan statuta PSSI.

“Kesempatan itu diberikan sejak Kongres Luar Biasa di Palangkaraya,” ujar Saleh seusai rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI, di kantor PSSI, Senayan, Jakarta, seperti dikutip dari tempo.co, Selasa (22/1/2013).

Sebelumnya, PSSI juga telah memberi sanksi kepada para pemain yang mangkir dari Pelatnas Pra Piala Asia (PPA) 2015. Para pemain tersebut dihukum dan diberi denda Rp 100 juta per pemainnya.

Berikut 15 klub ISL yang terkena sanksi PSSI:
1. PSPS Pekanbaru
2. Sriwijaya FC
3. Persib
4. Pelita Bandung Raya
5. Persisam
6. Mitra Kukar
7. Persiba
8. Barito Putra
9. Madura United
10. Persita
11. Persela
12. Persiwa
13. Persidafon
14. Persiram
15. Persipura

Selain 15 klub tersebut, PSSI juga memberikan sanksi kepada 27 klub divisi utama. Klub-klub tersebut dihukum dengan diberhentikan dari keanggotaan PSSI. Pasalnya, mereka hingga saat ini masih enggan kembali ke yurisdiksi PSSI.

Meskipun demikian, kesempatan bagi klub-klub tersebut masih terbuka. Menurut Saleh, PSSI akan mengampuni mereka jika telah mengajukan permohonan pengampunan dan bersedia kembali ke yurisdiksi PSSI.

“Komite Eksekutif bisa rapat dan mencabut sanksi itu,” kata Saleh.

Saleh menegaskan bahwa saat ini PSSI tidak lagi berhubungan dengan klub-klub yang telah diberi sanksi tersebut. “Kami tidak pernah lagi mengurus mereka,” tegasnya.

(YG)

Comment di sini