Daftar Kandidat Ibu Kota Baru Indonesia

by
January 23rd, 2013 at 11:41 am

Jakarta (CiriCara.com) – Banyak pihak yang menilai bahwa Jakarta, Ibu Kota Negara Indonesia yang sudah berusia 485 tahun ini tidak layak lagi menjadi Ibu Kota Negara.

Wikipedia

Wikipedia

Berbagai masalah pelik terus melanda Jakarta, mulai dari kemacetan parah, banjir, sampah, hingga ribuan kasus kejahatan yang terjadi setiap hari di Jakarta.

Sebagai kota pusat pemerintahan, industri, dan hiburan, Jakarta memiliki reputasi sebagai salah satu kota terpadat di dunia. Luas area kota Jakarta yang sempit tidak sebanding dengan lebih dari 9 juta jiwa yang menghuninya.

Setelah banjir besar melanda Jakarta pekan kemarin, kini wacana mengenai pemindahan Ibu Kota Negara Indonesia kembali bergulir setelah sempat berhenti beberapa tahun.

Wacana pemindahan Ibu Kota tidak hanya sekali ini dilontarkan karena rencana tersebut telah bergulir sejak zaman pemerintahan Soekarno.

Kala itu, Presiden dan Bapak Bangsa ini memberi masukan untuk memindahkan Ibu Kota RI ke Palangkaraya. Namun wacana ini tidak pernah ditindak lanjuti sebab masa pemerintahannya berakhir di tangan Soeharto.

Di bawah pemerintahan Soeharto, Ibu Kota Negara Indonesia juga sempat akan dipindahkan di daerah Jonggol, kawasan Bogor. Tapi, tetap saja wacana tersebut hanya sebatas wacana yang tidak pernah ditindaklanjuti walau Soeharto telah memerintahkan pembebasan tanah di kawasan itu.

Sedangkan di masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Ibukota Negara juga sempat diusulkan dipindah ke Purwokerto, Jawa Tengah. Di tempat itu terdapat tempat pariwisata Baturaden yang rencananya akan dibuat Istana Negara.

Kota-kota lainnya yang sempat diusulkan untuk menjadi pengganti Ibu Kota Negara Indonesia adalah:

  • Karawang, Jawa Barat
  • Bandar Lampung, Lampung
  • Palembang, Sumatera Selatan
  • Banjarmasin, Kalimantan Selatan
  • Kota Merdeka, Kalimantan Tengah
  • Pontianak, Kalimantan Barat
  • Balikpapan, Kalimantan Timur
  • Samarinda, Kalimantan Timur
  • Papua
Kemenpera

Kemenpera

Wacana yang sedang hangat beredar ini terinspirasi oleh keberhasilah Negara Brasil yang berhasil memindah Ibu Kota dari Rio de Janeiro ke Brasilia dan Malaysia yang memindah pusat administratif negaranya dari Kuala Lumpur ke Putrajaya.

Namun sayangnya pemerintah tampak tidak terlalu memprioritaskan usulan ini meski Ketua MPR, Taufiq Kiemas ikut menggagas rencana tersebut.

Menurut Taufiq, ia merasa sangat pesimis terhadap penyelesaian masalah Jakarta termasuk banjir. Ia mengungkapkan perlu adanya langkah-langkah fundamental dan strategis untuk mengatasi permasalah tersebut termasuk opsi pemindahan ibu kota ke daerah lain.

Mendengar usulan dari Taufiq ini, Gubernur DKI Jakarta, Jokowi terlihat sependapat dengan Ketua MPR tersebut. Menurut Jokowi, jika masalah banjir dan kemacetan sudah tidak bisa ditangani lagi, ia setuju Ibu Kota Negara Indonesia dipindah. (RN)

Comment di sini