Korban Banjir di Pluit Gunakan Air Selokan untuk Mandi

by
January 23rd, 2013 at 11:47 am

Korban Banjir JakartaJakarta (CiriCara.com) – Sejumlah warga korban banjir di kawasan Pluit, Jakarta Utara terlihat menggunakan air selokan untuk mandi. Mereka terpaksa menggunakan air selokan karena pasokan air bersih dari PDAM masih terhenti akibat banjir.

Warga mengaku terpaksa menggunakan air selokan karena tidak ada pasokan air bersih yang tersedia. Selain untuk mandi, air selokan yang kotor tersebut juga digunakan warga untuk membersihkan rumah dari lumpur sisa banjir, 17 Januari 2013 lalu.

“Saya terpaksa menggunakan air (selokan) ini karena tidak ada air bersih dari PDAM,” tutur Rusdin kepada ANTV. Rusdin dan tiga warga lainnya menggunakan air selokan itu sejak hari pertama banjir melanda Jakarta, Kamis, 17 Januari 2013 lalu.

Hingga Selasa (22/1/2013) kemarin, pasokan air bersih belum juga mengalir ke rumah-rumah warga. Aliran listrik juga terganggu karena Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Pluit, Jakarta Utara masih terendam air.

Warga Mandi Air Selokan di Pluit, Jakarta Utara

Warga korban banjir mandi air selokan di Pluit, Jakarta Utara

Sementara itu, Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi mengatakan bahwa hingga saat ini belum ada warga yang terserang leptospirosis (penyakit yang dibawa oleh kotoran tikus). Nafsiah Mboi menjelaskan bahwa laporan kasus diare di antara pengungsi juga masih rendah.

“Laporan penyakit diare (korban banjir) tidak sebanyak biasanya,” kata Nafsiah Mboi.

Bantuan pemerintah berupa logistik untuk para korban banjir di Pluit juga sudah mulai berdatangan. Namun, terlihat masih banyak warga yang harus berebut demi mendapatkan tiga bungkus mie instan.

(YG)

Comment di sini