Banjir Jakarta 2013: Posko Pengaduan Jalanan Rusak di Jakarta

by
January 25th, 2013 at 11:17 am

Jakarta (CiriCara.com)Jalan raya yang rusak dan berlubang adalah masalah baru yang harus dihadapi oleh warga Jakarta pasca banjir. Banyaknya lubang di jalanan telah menimbulkan kecelakaan yang mengakibatkan korban jiwa.

Pikiran Rakyat

Pikiran Rakyat

Dilansir dari Kompas.com, untuk mengatasi masalah tersebut, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah membuka posko pengaduan mengenai jalan rusak di Jakarta.

Nanti para pengguna jalan yang melihat jalan rusak bisa melaporkan ke nomor telepon 021 3844444, Twitter @poskodpudkie-mail dispu@jakarta.go.id, atau website di alamat www.poskodpudki.net.

Posko pengaduan ini dibuka oleh Pemprov DKI Jakarta agar pihaknya cepat mendapat informasi mengenai jalan rusak yang tersebar di seluruh Jakarta. Dengan adanya pengaduan ini, kerusakan jalan dapat teratasi dengan cepat.

“Kami juga perlu informasi masyarakat soal jalan rusak. Saluran tadi bisa dimanfaatkan untuk melaporkan persoalan di lapangan. Petugas akan segera mengecek kebenaran informasi itu,” tutur Maman Suparman, Kepala Bidang Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta, Kamis, 24 Januari 2013 kepada Kompas.com.

Menurut catatan dari Dinas Pekerjaan Umum pekan lalu, ada sekitar 8.000 titik kerusakan dengan total luas sekitar 5 juta meter persegi. Kerusakan ini tersebar luas di hampir seluruh wilayah Jakarta dengan kerusakan terbanyak berada di Jakarta Timur.

Rencananya, Dinas Pekerjaan Umum akan memperbaiki 15 ruas jalan di Jakarta sebelum banjir tiba namun setelah banjir, kerusakan di jalan bertambah 13 ruas jalan lagi.

Kerusakan ini sedang diperbaiki oleh Pemprov DKI Jakarta dengan cara menutup ruas jalan yang bersangkutan namun perbaikan total masih akan dilakukan saat cuaca kering nanti.

Jalanan berlubang yang timbul pasca banjir ini telah menewaskan sedikitnya tiga orang dan melukai satu orang. Pada Selasa, 22 Januari 2013, kakak beradik Purwanto dan Novita Sari terjungkal karena terperosok ke jalanan berlubang. Karena terperosok, keduanya terlindas Bus TransJakarta di Jalan Mayjen Sutoyo, Cawang, Jakarta Timur.

Selain kedua orang tersebut, ada ada dua orang korban lain, Taufik dan Beti yang tewas dilindas truk karena terjungkal di jalanan berlubang Jakarta. (RN)

Comment di sini