CiriCara: Cara Alami Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

by
January 25th, 2013 at 8:52 am

mengonsumsi buah dan sayuranCiriCara.com – Sisitem kekebalan tubuh perlu dijaga agar Anda terhindar dari berbagai serangan penyakit. Jika sisitem kekebalan tubuh Anda lemah, maka akan mudah terkena serangan berbagai penyakit.

Menjaga sisitem imun bukan hanya bisa dilakukan dengan meminum suplemen. Tapi, Anda juga bisa menjaga sistem kekebalan tubuh dengan cara yang alami. bagaimana? Dilansir Thirdage.com, inilah cara alami memperkuat sistem kekebalan tubuh:

1. Mengonsumsi protein

Makanan yang mengandung protein sangat dibutuhkan oleh tubuh karena bisa menjaga kesehatan tubuh, pikiran, dan sistem kekebalan tubuh. Untuk itu, sering-seringlah mengonsumsi makanan yang mengandung protein, seperti tahu, tempe, telur, ikan dan makanan lain yang mengandung protein.

2. Mengonsumsi sayur dan buah

Sayur dan buah segar memberikan asupan anti oksidan, vitamin, mineral, serat, dan enzim yang mampu meningkatkan sisitem kekebalan tubuh Anda. Sayur dan buah berkulit gelap dan masih segar biasanya memiliki flavonoid, polifenol, serta antioksidan tinggi yang baik untuk sistem imun tubuh. Selain itu, mengonsumsi buah-buahan dan sayuran juga bisa membuat Anda jadi terlihat muda.

Thinkstockphotos.com

Thinkstockphotos.com

3. Mengonsumsi lemon panas

Mengonsumsi lemon membantu menjaga pH tubuh tetap seimbang dan sesuai untuk mendukung kehidupan bakteri baik serta mencegah munculnya bakteri jahat dan virus. Tak ada salahnya untuk meminum lemon panas, setidaknya 2 hari sekali. Biasanya Anda akan merasa lebih segar.

4. Kurangi mengonsumsi kopi

Kafein dalam kopi bisa merampok mineral dan vitamin dalam tubuh. Selan itu, kafein juga bisa membuat Anda jadi cepat kehilangan cairan. Untuk itu, jangan terlalu sering mengonsumsinya walaupun kopi itu bisa membuat Anda merasa lebih bahagia.

5. Tidur nyenyak

Tidur berkaitan dengan menurunkan hormon cortisol penyebab stres, menjaga berat badan tubuh, meningkatkan mood, dan menjaga keindahan kulit. Bukan hanya itu, menciptakan kualitas tidur yang baik pada saat malam hari juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

6. Memanjakan diri

Jika Anda termasuk tipe orang yang terlalu sibuk, maka jangan lupa untuk tetap memanjakan diri sejenak. Misalnya, pergi ke tempat pemijatan, ke salon, atau hang out bersama kerabat. ketahuilah bahwa stres itu bisa membuat sistem kekebalan tubuh Anda melemah.

7. Keluar rumah

Sebagian besar orang menghabiskan waktunya di dalam ruangan, menghirup udara dari penyegar ruangan yang tidak sehat. Padahal, berada di luar ruangan itu bisa meningkatkan kinerja jaringan tiroid dan sistem imun tubuh.

Itulah cara alami mmeperkuat sistem imun Anda. Selain itu, Anda juga disarankan agar rajin berolahraga agar memperoleh tubuh yang sehat dan terhindar dari seranngan penyakit. Cintailah tubuh Anda demi mendapatkan tubuh yang sehat. (NR)

Comment di sini