CiriCara: Cara Aman Menggunakan Gadget Layar Sentuh

by
January 25th, 2013 at 3:02 pm

gadget berlayar sentuhCiriCara.com – Kemajuan teknologi memang berkembang dengan pesat. Kini, ponsel atau perangkat elektronik lainnya sebagian besar sudah menggunakan teknologi layar sentuh. Waupun masih ada beberapa ponsel yang menggunakan keypad, tapi nampaknya ponsel layar sentuh menjadi pilihan sebagian besar masyarakat.

Hanya dengan menyentuh layarnya saja, para pengguna sudah bisa dihubungkan dari menu yang satu ke menu lainnya. Menggunakan layar sentuh juga memudahkan para penggunanya untuk mengoperasikan. Namun, ketahui juga bahwa layar sentuh sebenarnya sangat rentan terjadi kerusakan dan malfungsi.

Jika Anda termasuk orang yang menggunakan ponsel pintar atau gadget lain berlayar sentuh, maka alangkah baiknya untuk tetap menggunakannya dengan hati-hati. Jika tidak, maka gadget kesayangan Anda ikut akan cepat rusak. Dilansir Timesofindia.Indiatimes.com, inilah cara aman menggunakan gadget layar sentuh agar tidak cepat rusak:

1. Jauhkan dari sinar matahari

Jangan mengenai langsung gadget kesayangan Anda dengan sinar matahari. Hal tersebut bisa merusak kualitas layar LCD. Untuk itu, Anda disarankan agar tidak menggunakan gadget tersebut pada siang hari di luar ruangan.

2. Jangan meletakannya di saku celana

Layar sentuh sangat rentan lecet, retak, atau rusak. Untuk itu, Anda harus berhat-hati membawanya saat berpergian. Alangkah baiknya untuk melapisi ponsel pintar Anda itu dengan menggunakan case. Jangan meletakannya di saku celana karena bisa membuat layarnya cepat rusak.

ponsel dengan layar sentuh

3. Menggunakan pelindung layar

Untuk keamanan layar ponsel, Anda bisa menggunakan pelapis layar yang bisa melindungi ponsel dari terpaan sinar matahari maupun goresan. Pakaikanlah pelindung layar yang biasanya terbuat dari plastik tipis agar layar ponsel Anda tidak cepat rusak.

4. Menggunakan jari yang benar

Saat sedang mengoperasikan ponsel atau gadget canggih lainnya, jangan sekali-kali menggunakan kuku-kuku jari untuk menyentuh layar. Hal tersebut akan meninggalkan goresan dan mengurangi sensitivitas layarnya. Jika ada debu atau kotoran yang menempel, maka bersihkanlah dengan menggunakan kain kering yang memiliki tekstur halus.

5. Jangan ditekan

Menggunakan gadget layar sentuh itu harus dengan hati-hati. Jangan menekan jika ingin mengoperasikannya karena bisa merusak layarnya. Agar tetap awet, Anda cukup mengetuk ringan dengan menggunakan jari saja.

6. Jauhi dari magnet

Jauhkan ponsel pintar atau gadget canggih Anda dari benda-benda yang mengandung magnet, seperti radio atau televisi. Radiasi magnet akan membuat layar tidak sensitif lagi terhadap sentuhan. Selain itu, ponsel pintar atau gadget tersebut juga jadi sulit dioperasikan.

Itulah cara aman menggunakan ponsel pintar atau gadget canggih berlayar sentuh. Jika Anda menjaganya dan tidak sembarangan meletakannya, maka layar pada gadget tersebut akan tidak mudah rusak. Jika layar sudah tidak lagi sensitif pada sentuhan, maka Anda akan mengeluarkan biaya untuk memperbaikinya. Untuk itu, jagalah baik-baik gadget layar sentuh kesayangan Anda itu. (NR)

Comment di sini