CiriCara: Cara Menghilangkan Gatal di Kulit Kepala

by

terasa gatal di kepalaCiriCara.com – Kulit kepala terasa gatal mungkin pernah dialami oleh beberapa orang. Jika mengalami hal seperti itu, maka biasanya membuat seseorang ingin terus menggaruknya. Kulit kepala yang terasa gatal jika terjadi sepanjang hari juga bisa membuat Anda merasa tidak nyaman. Benarkah?

Lalu, tahukah Anda apa penyebab kulit kepala gatal itu?

Kulit kepala yang gatal itu sebenarnya disebabkan karena kondisi kepala yang tidak bersih. Misalnya, Anda jarang mengeramasi rambut, tidak bersih membilas rambut setelah dikeramasi, dan lain sebagainya.  Sementara itu, seseorang yang rajin mengeramasi rambutnya bisa juga mengalami gatal-gatal pada kulit kepalanya karena tidak cocok dengan sampo yang digunakannya.

Jika sudah seperti itu, maka Anda harus segera mengatasinya. Dicuplik dari Timesofindia.Indiatimes.com, berikut cara mengatasi kulit kepala yang gatal:

1. Rajin melembapkan kulit kepala

creambath

Terkadang, rasa gatal disebabkan oleh kulit kepala yang kering. Untuk itu, Anda diarankan agar rajin melembapkan kulit kepala. Gunakanlah krim rambut ringan untuk memijat kulit kepala atau sering creambath.

2. Memberikan minyak pada rambut

Memberikan minyak pada rambut juga bisa membuat kulit kepala Anda menjadi lebih sehat. Anda bisa menggunakan campuran minyak kelapa dan bunga hibiskus. Berikanlah minyak pada rambut satu kali dalam seminggu. Jika kulit kepala terasa gatal, maka Anda juga bisa langsung memijatnya dengan menggunakan minyak tersebut. Cara ini bisa mengurangi rasa gatal di kepala.

3. Menggunakan pewarna rambut dari bahan alami

Jika Anda sering menggonta-ganti warna rambut, maka bisa membuat kulit kepala terasa gatal. Hal tersebut dikarenakan pewarna rambutnya mengandung bahan kimia. Untuk itu, pilihlah pewarna rambut yang terbuat dari bahan alami agar kulit kepala dan rambut Anda tetap sehat.

4. Keramas setiap 2 hari sekali

Kulit kepala yang terasa gatal itu bisa jadi karena Anda jarang mengeramasinya. Untuk itu, Anda harus mengeramasi rambut setiap 2 hari sekali dan bilaslah hingga bersih. Selain itu, gunakanlah sampo yang cocok dengan jenis kulit kepala Anda. Bila perlu, konsultasikan kepada ahli dermatolog.

Itulah cara mengatasi rasa gatal di kulit kepala. Namun, Anda juga patut waspada jika rasa gatal itu terus berlanjut dan menunjukkan gejala-gejala, seperti luka saat digaruk dan munculnya kerak tebal di kulit kepala. Gejala tersebut menunjukkan kehadiran penyakit psioriasis dan Anda harus segera memeriksakannya ke dokter terkait. (NR)


comments powered by Disqus