CiriCara: Cara Meningkatkan Kecerdasan Bayi

by
January 25th, 2013 at 11:10 am

melatih kecerdasan bayiCiriCara.comMemiliki seorang anak yang cerdas dan kreatif merupakan impian sebagian besar seorang ibu. Untuk itu, sejak bayi dilahirkan si ibu harus menunjukkan sikap yang lembut dan baik kepadanya.

Seorang bayi jika diperlakukan dengan baik dan tepat oleh ibunya bisa membuatnya menjadi anak yang cerdas. Misalnya, sering memanjakannya dengan mengajaknya berbicara, bercanda, menggantikan pakaiannya, dan lain sebagainya.

Dilansir dari Female.Kompas.com, dr Arifianto, SpA, spesialis kesehatan anak dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta mengatakan bahwa ada 5 rahasia agar si bayi tumbuh cerdas. Apa saja? Berikut 5 cara meningkatkan kecerdasan bayi:

1. Menjalin ikatan emosional

Menjalin ikatan emosional bisa Anda lakukan sejak si bayi dilahirkan dengan mengupayakan skin to skin contact. Selain itu, Anda juga bisa memberikan pijatan lembut ke tubuhnya, memakaikan sendiri pakaian bayi, dan sering berbicara pada si bayi. Hal tersebut bisa membuat hubungan Anda dan si bayi semakin erat. Jangan pernah bertengkar di hadapan bayi karena bisa menularkan rasa cemas.

2. Sering berkomunikasi

berkomunikasi dengan si bayi

Walaupun si bayi belum lancar berbicara, namun Anda harus tetap mengajaknya mengobrol. Semakin banyak kosa kata yang didengar sejak awal, semakin dini anak mengembangkan kemampuan bicaranya. Anak yang sudah lancar berkomunikasi pada usia 3 tahun, bisa dikatakan bahwa si anak memiliki IQ yang tinggi. Agar si anak bisa tumbuh menjadi cerdas, Anda harus berbicara dalam nada yang bervariatif.

3. Mengoptimalkan ekspresi wajah

Bayi bisa menangkap ekspresi wajah orang-orang di sekitarnya saat usianya 3 hingga 4 bulan. kemampuan si bayi membaca ekspresi wajah merupakan dasar komunikasi verbal si anak. Saat mengajaknya berbicara, cobalah untuk menunjukkan ekspresi wajah yang ceria dan bahagia. Dengan begitu, si bayi akan tumbuh menjadi sosok yang ceria.

4. Jangan terlalu sering menggunakan seat car dan stroller

Alangkah baiknya untuk menggendong si bayi daripada membaringkannya di dalam stroller. Namun, menggendong bayi dengan tangan lebih baik daripada menggendong dengan kain atau gendongan kangguru. Jika si bayi digendong dengan menggunakan tangan telanjang, maka membuatnya bergerak lebih leluasa dan melihat ke banyak sisi. Dengan begitu, si bayi jadi bisa banyak belajar dari lingkungan sekitarnya.

5. Menunjukkan benda saat berbicara

Saat berbicara padanya, Anda juga disarankan untuk menunjukkan sesuatu benda sambil mendeskripsikan benda tersebut. Walaupun si bayi belum memahaminya, tapi mereka bisa mengingat apa yang tertangkap pendengarannya. Cara ini bisa membuatnya jadi cepat berbicara.

Itulah cara meningkatkan kecerdasan si bayi. Agar bayi Anda tumbuh menjadi anak yang cerdas, coba terapkanlah dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, jauhilah si bayi dari kebisingan karena bisa membuatnya memiliki daya ingat yang lemah. (NR)

Comment di sini