Pemerintah Diminta Jelaskan Isu Jakarta Tenggelam

by
January 25th, 2013 at 4:58 pm

Jakarta KebanjiranJakarta (CiriCara.com) – Isu tanggal 27 Januari 2013 Jakarta akan tenggelam membuat sebagian warga panik. Untuk itu, pihak DPR RI meminta agar pemerintah bisa memberikan penjelasan terkait prediksi potensi banjir tersebut untuk menenangkan warga.

Anggota Komisi V DPR Saleh Husin menilai isu Jakarta tenggelam, saat ini sudah meresahkan sejumlah masyarakat. Pemerintah harus segera melakukan tindakan untuk menenangkan masyarakat yang mulai panik.

“Pemerintah harus memberikan penjelasan yang dapat menenangkan masyarakat, jangan justru membuat masyarakat menjadi panik,” kata Saleh, seperti dikutip dari situs Tribunnews.com, Jumat (25/1/2013).

Politisi Partai Hanura itu menyarankan agar semua pihak tidak membesar-besarkan isu Jakarta akan tenggelam tersebut. Jika memang potensi terjadi banjir besar, Saleh meminta pemerintah untuk segera melakukan tindakan pencegahan.

“Maka dari itu sebaiknya semua pihak dapat bersiap untuk melakukan antisipasi agar jangan sampai menimbulkan korban jiwa serta kerusakan yang lebih parah,” kata Saleh.

Sebelumnya, Jakarta diprediksikan akan tenggelam oleh banjir besar yang akan terjadi pada tanggal 27 Januari 2013 mendatang. Pasalnya, pada tanggal tersebut air laut akan meningkat akibat gerhana bulan. Itu artinya, air dari darat tidak akan bisa mengalir ke laut.

Jika pada tanggal 27 Januari 2013 di Jakarta terjadi hujan deras, maka potensi banjir besar tersebut akan semakin nyata. Banjir besar pada 17 Januari lalu kemungkinan bisa kembali terjadi.

“Nanti kejadiannya bisa lebih hebat dari 2007. Waspada, khususnya di 27 Januari, karena air di darat sekecil apa pun tak akan bisa mengalir ke laut,” ujar Firdaus Ali, Pakar air dari Universitas Indonesia (UI), seperti dikutip dari Kompas.com.

Namun, isu tersebut dibantah oleh pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Pasalnya, curah hujan di Jakarta pada tanggal 25-28 Januari masih berada di kategori rendah hingga sedang.

“Jadi, kecil peluangnya banjir besar akan terjadi pada 27 Januari 2013,” ujar Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB.

(YG)

Comment di sini