Roy Suryo Menilai Sanksi PSSI Hanya Jebakan

by
January 25th, 2013 at 9:57 am

Roy SuryoJakarta (CiriCara.com) – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Roy Suryo merasa dirinya telah dijebak agar masuk ke konflik PSSI dan KPSI. Hal ini terkait dengan adanya sanksi yang diberikan PSSI kepada 15 klub Indonesia Super League (ISL).

“Saya sadar sanksi dari PSSI untuk (klub) Liga Super itu adalah pancingan dan jebakan bagi saya untuk masuk ke konflik,” ujar Roy menanggapi sanksi PSSI tersebut, seperti dikutip dari Tempo.co, Jumat (25/1/2013).

Saat ditanya mengenai tindakannya terhadap klub dan pemain yang disanksi, Roy Suryo mengaku tidak ingin ikut campur. Menurutnya jika dia mencampuri urusan PSSI, maka dia dinilai telah melanggar peraturan FIFA. “Karena bisa dicap intervensi (pemerintah),” katanya.

Roy menilai, sanksi yang diberikan oleh PSSI kepada klub ISL hanya akan memperburuk suasana. Klub-klub yang disanksi tersebut bisa saja membentuk kekuatan baru untuk menentang PSSI. “Sanksi itu akan membuat masalah semakin rumit,” ujarnya.

Menyadari dirinya telah dijebak, Roy pun mengaku tidak akan terpengaruh oleh jebakan tersebut. Roy menegaskan bahwa dirinya tidak akan ikut campur dengan sanksi yang telah dikeluarkan oleh pihak PSSI.

“Ibaratnya, saya tidak ingin menari di gendang yang sudah mereka tabuh,” tegas Roy yang juga merupakan pakar telematika.

Sebelumnya, PSSI telah mengeluarkan dua sanksi untuk klub ISL dan para pemain yang mangkir dari Pelatnas Pra Piala Asia 2015. Ada 15 klub dan 22 pemain yang telah disanksi oleh organisasi sepakbola tertinggi di Indonesia itu.

Klub yang telah disanksi mendapat hukuman berupa pencoretan keanggotaan PSSI sampai kongres berikutnya diselenggarakan. Sementara para pemain mendapatkan hukuman dilarang bermain selama 6 bulan dan denda Rp 100 juta per pemain.

Sanksi tersebut diambil berdasarkan keputusan rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI, di kantor PSSI, Senayan, Jakarta, Selasa (22/1/2013) lalu. PSSI terpaksa bertindak tegas demi membentuk satu timnas Indonesia untuk Pra Piala Asia 2015.

(YG)

Comment di sini