CiriCara: Cara Gampang Mengatasi Rambut Rontok

by
January 26th, 2013 at 4:00 pm

Cara Mengatasi Rambut RontokCiriCara.com – Pada dasarnya siapapun pasti ingin memiliki rambut yang indah dan sehat, tidak terkecuali kaum pria. Namun, saat ini mungkin sebagian dari Anda tidak mempunyai cukup waktu untuk merawat mahkota Anda. Kesibukan membuat Anda melupakan untuk merawat rambut dengan baik dan membuat Anda mengalami permasalahan pada rambut.

Kerontokan rambut adalah salah satu masalah rambut yang seringkali menghantui wanita. Biasanya hal ini terjadi karena faktor hormonal, kebiasaan, dan psikologis. Dalam jangka panjang, kerontokan rambut dapat mengakibatkan kebotakan. Anda tentu tidak ingin mengalami kebotakan di usia dini, bukan? Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi rambut rontok :

1. Keringkan rambut secara alami

Bagi Anda yang memiliki rambut panjang pasti memerlukan waktu yang lama untuk mengeringkan rambut setelah keramas. Pengering rambut mungkin bisa dikatakan sebagai benda ampuh untuk mempercepat proses pengeringan rambut. Namun, tahukah Anda jika mengeringkan rambut menggunakan mesin ini bisa membuat rambut rapuh? Panas yang dikeluarkan mesin terlalu panas sehingga bisa membuat rambut rontok. Lebih baik Anda mengeringkan rambut secara alami dengan udara, handuk kering, atau mungkin kipas angin.

2. Gunakan hair tonic atau serum

Saat ini, produk kecantikan sudah banyak mengeluarkan hair tonic atau serum untuk merawat kesehatan rambut. Hair tonic atau serum yang mengandung minyak ginseng dapat merangsang pertumbuhan rambut baru dan menguatkan akar rambut. Penggunaan minimal 3 kali seminggu akan memberikan hasil yang maksimal. Cara yang baik dalam menggunakannya adalah dengan meneteskan hair tonic atau serum pada kulit rambut lalu pijat secara perlahan agar minyaknya terserap oleh kulit.

3. Hindari penggunaan jepit dan karet rambut

Mengikat rambut dengan karet dan penggunaan jepit dapat membuat rambut merupakan salah satu faktor penyebab kerontokan rambut. Hal ini terjadi karena proses pengikatan dan penjepitan membuat rambut Anda tertarik kencang. Biarkan rambut Anda tergerai secara alami untuk mengurangi kerontokan.

4. Menjaga kadar keratin dalam rambut

Keratin adalah jenis protein yang terdapat pada rambut. Setiap orang memiliki rambut yang terdiri dari 97-100% keratin. Guna keratin adalah untuk menjaga rambut dari kerusakan karena pewarnaan rambut, rebonding, dan lainnya. Untuk menjaga kadar keratin, Anda bisa mengonsumsi protein (daging, ikan, kacang-kacangan, dan telur) secukupnya.

5. Hindari stres

Faktor psikologis ternyata turut memegang andil sebagai penyebab rambut rontok. Beban pikiran bisa mempengaruhi kesehatan tubuh Anda. Usahakan tidur cukup karena masa pertumbuhan rambut terjadi saat Anda tidur selama 7-9 jam. Cara lainnya, Anda bisa mencoba yoga atau meditasi untuk mengurangi kadar stres.

Keindahan rambut secara langsung mencerminkan kesehatan rambut itu sendiri. Kerontokan rambut bisa diatasi dengan perawatan secara teratur. Sekarang, Anda tidak perlu khawatir dengan kemungkinan kebotakan dini. (MN)

Comment di sini